Akibat Cuaca Buruk, Nelayan Kondang Merak Minim Tangkapan Ikan

Pada cuaca normal, nelayan bisa mendapatkan tuna besar. Berbeda dengan bulan ini, nelayan Kondang Merak mengalami paceklik. (Foto: rully/malangtimes)
Pada cuaca normal, nelayan bisa mendapatkan tuna besar. Berbeda dengan bulan ini, nelayan Kondang Merak mengalami paceklik. (Foto: rully/malangtimes)
MALANGTIMES - Akibat cuaca buruk yang terjadi sejak Juni lalu, para nelayan di pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, minim tangkapan ikan. Hal itu menimpa para nelayanan sudah sejak Juni lalu hingga saat ini.

Menurut pengakuan salah satu nelayan, Junaidi jelang lebaran, nelayan tak mendapatkan penghasilan. "Dalam sehari, banyak nelayan yang hanya mendapatkan kurang lebih 30 kilogram ikan kecil. Hal itu tidak sebanding dengan modal bahan bakar yang dipakai perahunya," katanya, Sabtu (11/7/2015).

Cuacanya kata dia, sangat tidak mendukung. Ikan yang didapat para nelayan, hanya ikan kecil seperti baby tuna, ikan kembung, dan layur, maksimal 30 kilogram. "Jika cuaca bersahabat, nelayan bisa panen ikan besar, dalam jumlah banyak, tidak paceklik seperti saat ini," keluh Junaidi.

Jika cuaca normal tambah Junaidi, bisa dapat banyak tuna besar. Bahkan, jika beruntung, bisa panen gurita dan lobster, yang harga jualnya cukup besar. "Bisa per empat ekor lobster harganya mencapai Rp 500 ribu. Nelayan berharap, semoga cuacanya kembali normal," harap Junaidi. (*)
Pewarta : Rully Novianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->