Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Istimewa)
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Istimewa)

Keinginan agar Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kabupaten Malang, memiliki atap atau kanopi di tribun ekonomi tampaknya akan segera terealisasi. Sebab,  dalam kunjungan yang dilakukan Minggu (24/2/2019), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyampaikan kesanggupan untuk membantu proses pembangunan yang baru saja disampaikan  Wakil Bupati Malang M. Sanusi itu.

"Tadi saya ditodong agar Pemprov Jatim membantu membangunkan kanopi. Tentu akan dipertimbangkan," katanya kepada wartawan.

Suami Arumi Bachsin ini menjelaskan, rencana pembangunan pemasangan atap atau kanopi di area Stadion Kanjuruhan ini akan segera ditindaklanjuti. Saat ini sedang dalam masa penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD), maka perencanaan tersebut mungkin saja dikerjakan dalam APBD perubahan.

Menurut Emil, masih harus ada pembicaraan lebih serius lagi terkait rencana pembangunan tersebut. Mulai dari besaran anggaran yang dibutuhkan hingga skema yang akan digunakan dalam proses pembangunan.

"Dilihat, skemanya seperti apa. Saya akan lapor dulu ke Bu Gubernur dan akan kami sampaikan ke dewan. Kalau dewan setuju, maka akan dogodok. Dan, pasti nggak pakek lama," ungkap Emil.

Bukan hanya kanopi. Wagub juga menilai jika fasilitas trek lari di Stadion Kanjuruhan sudah memenuhi spesifikasi untuk kepentingan para atlet dan dunia olahraga. Karena itu, dia akan menyampaikankan kepada Kementerian agar ada pembaharuan.

"Kanopi kalau tidak tahun ini ya tahun depan. Pasti akan kami prioritaskan. Termasuk fasilitas trek lari, akan kami sampaikan ke Kemenpora juga," jelas mantan bupati Trenggalek itu.

Dengan rencana mempercantik stadion itu, Emil berharap agar prestasi sepak bola dan olahraga lainnya di Malang Raya mengalami peningkatan. Prestasi demi prestasi terus diukir oleh para atlet dan membanggakan nama Jawa Timur. Termasuk para suporter, agar dapat lebih menyebarkan pesan persatuan dan perdamaian.

Sebelumnya, Wakil Bupati Malang M. Sanusi menyampaikan jika Pemerintah Kabupaten Malang berencana membangun kanopi di tribun Stadion Kanjuruhan pada 2020 mendatang. Sehingga diharapkan keamanan dan kenyamanan penonton semakin terjamin dengan fasilitas yang ada. "Jadi, nggak kehujanan dan nggak kepanasan lagi ya," terang Sanusi.