Revitalisasi Pasar

Jakarta Gerojok Rp 17 M untuk Pasar Oro-Oro Dowo

Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang. (Foto: googleimage)
Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang. (Foto: googleimage)

MALANGTIMES – Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang mendapat dana Rp 7 miliar untuk revitalisasi tahap pertama. Dana itu berasal dari bantuan pemerintah pusat Jakarta.

Rencana revitalisasi itu akan dilaksanakan tahun ini.  ’’Sekarang kami masih membuat rencana detailnya (DED) dan Insya Allah setelah Lebaran nanti sudah selesai. Pasar Oro-Oro Dowo nanti akan dibangun menjadi dua lantai, sehingga nantinya juga ada penambahan jumlah pedagang dan desainnya pun juga berubah lebih bersih, nyaman dan modern," kata Kepala Dinas Pasar Kota Malang Wahyu Setyanto beberapa saat lalu.

Ia mengemukakan lantai pertama untuk menampung 106 pedagang yang selama ini berjualan di Pasar Oro-Oro Dowo. Lantai dua akan ditambahkan beberapa stan untuk meramaikan pasar. Mulai dari kuliner, kafe, dan fasilitas lainnya.

Apa ada stan bagi pedagang luar? Wahyu mengatakan penambahan stan di lantai dua tersebut memang akan diisi pedagang dari luar. Sementara pedagang pasar sebelumnya hanya jualan hingga siang saja. Sore hari sudah sepi.

Kondisi itu, sambung Wahyu, bertolak belakang dengan aktivitas warga di sekitar pasar yang selalu ramai. Bahkan  hingga 24 jam.

"Mudah-mudahan pasar itu nanti bisa lebih ramai setelah direvitalisasi dan ditambah sejumlah fasilitas pendukung," ujarnya.

Rencananya, selama proses revitalisasi pedagang Pasar Oro-Oro Dowo akan direlokasi ke Hutan Malabar. Lokasinya sekitar 100 meter dari pasar.

’’Tapi itu (tempat relokasi)  baru sebatas wacana. Mungkin ada alternatif lokasi lain yang lebih representatif, apalagi sampai saat ini masih belum ada kesepakatan antara pedagang dengan Pemkot Malang,’’ tandas Wahyu. (*)

Pewarta : Rully Novianto
Editor : Fathul Yasin
Publisher : Rochmat Shobirin
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->