Tingkatkan Partisipasi Ormas dalam Pembangunan, Bakesbangpol Lakukan Ini

Jambore fungsionaris LSM dan ormas yang digelar Bakesbangpol Provinsi Jatim di Ijen Suites. (Istimewa).
Jambore fungsionaris LSM dan ormas yang digelar Bakesbangpol Provinsi Jatim di Ijen Suites. (Istimewa).

BATUTIMES - Peran serta dan partisipasi organisasi kemasyarakatan (ormas) dalam meningkatkan pembangunan dinilai sangat strategis. Itu sebabnya, ormas dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) selalu mendapat perhatian khusus dalam membangun sinergitas.

Salah satunya adalah melalui jambore bagi fungsionaris LSM dan ormas yang sengaja digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur di Ijen Suites belum lama ini. Kegiatan yang digelar pada Rabu (26/6/2019) hingga Kamis (27/6/2019) itu mengundang berbagai elemen LSM dan ormas di Jatim, khususnya Kota Malang. Salah satu yang turut hadir adalah Bakesbangpol Kota Malang yang didapuk sebagai moderator dalam kegiatan yang diikuti sekitar 140 peserta tersebut.

Kepala Bakesbangpol Jatim Drs Ec.l Jonathan Judianto MMT dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan jambore fungsionaris bagi ormas dan LSM itu adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap undang-undang tentang Ormas. Khususnya Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan.

"Dan tentunya juga untuk menjalin sinergitas dan kebersamaan antar ormas dan LSM dengan pemerintah daerah di Jawa Timur," katanya.

Dia pun berharap, kegiatan tersebut nantinya mampu menjadi salah satu jembatan dalam pembangunan serta pemberdayaan kualitas ormas dan LSM. Tujuannya dapat meningkatkan partisipasi ormas dan LSM dalam turut serta melakukan pembangunan di berbagai daerah di Jawa Timur.

"Peran serta ormas dan LSM dalam pembangunan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Dan tentunya sesuai dengan kemampuan masing-masing," imbuhnya.

Dia juga menegaskan bahwa pemerintah dituntut fleksibel dalam mengelola keseimbangan, keselarasan, serta keharmonisan dalam kebebasan berorganisasi. Hal itu tercantum jelas dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 yang menjadi landasan organisasi kemasyarakatan saat ini. "Konstitusi sudah mengatur dengan jelas," tegasnya.

Dikemas menarik dan penuh diskusi, jambore itu pun menghadirkan narasumber yang andal di bidangnya. Salah satunya adalah Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK dengan membawakan tema 'Sinergisitas Polri dan Organisasi Kemasyarakatan dalam Memperkokoh Kondusifitas di daerah Pasca-PemiluTahun 2019'.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->