Kebakaran di Petak 10B dan Hutan Produksi Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (13/11/2019). (Foto: istimewa)
Kebakaran di Petak 10B dan Hutan Produksi Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (13/11/2019). (Foto: istimewa)

Kebakaran hutan rupanya masih menghantui Kota Batu. Bagaimana tidak, kebakaran hutan kembali melanda kawasan Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (13/11/2019).

Kepulan asap itu diketahui oleh masyarakat di area  Petak 10B dan Hutan Produksi Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Mendapati informasi tersebut, tim pun langsung terjun ke lokasi. 

Tim yang terjun itu terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Perhutani, Koramil Bumiaji, Polsek Bumiaji, Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Gunungsari, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Batu.

“Tim ke lokasi langsung memadamkan area yang terbakar, dengan memberi sekat di area sekitar kebakaran,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Ya mereka melakukan pemadaman secara manual dengan menggunakan perlengkapan seperti cangkul,  sabit, dan alat lainnya. Untuk menghindari merambatnya api, tim melakukan pembuatan sekat. 

Ia menambahkan, setelah dilakukan pemadaman, kebakaran itu diduga dari ulah manusia. “Kebakaran hutan diduga dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” imbuhnya. 

Akibat ulah yang tidak bertanggung jawab itu, luasan lahan terbakar kurang lebih 3 Hektar. Area yang terbakar itu merupakan pohon Pinus.