Sukses Digelar, Festival Panji Nusantara Tahun Depan Bertaraf Internasional

Pertunjukan kisah perjalanan Prabu Lasem dari tim Kesenian Bali Sanggar Paripurna dalam Festival Panji Nusantara 2019 (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Pertunjukan kisah perjalanan Prabu Lasem dari tim Kesenian Bali Sanggar Paripurna dalam Festival Panji Nusantara 2019 (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

BATUTIMES - Kesuksesan Festival Panji Nusantara 2019 menyisakan kekaguman tersendiri bagi penikmatnya. Bahkan, ajang ini telah dipatenkan menjadi gelaran yang siap untuk digelar setiap tahunnya dengan taraf Festival Panji Internasional.

"Event tersebut (Festival Panji Nusantara) saya nyatakan bisa diambil Kota Malang tahun depan. Kita bersyukur bersama, dan berdoa tahun depan bertemu kembali dalam Festival Panji Internasional," ujar Kadisbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto saat menghadiri malam puncak Festival Panji Nusantara 2019 di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ), Jum'at malam (12/7).

Wali Kota Malang Sutiaji (berkopyah) saat berfoto bersama dengan semua peserta di malam puncak Festival Panji Nusantara 2019



Berbagai penampilan dari tim kesenian baik dari Malang maupun luar Malang ini memang telah memukau seluruh penontonnya. Menariknya gelaran ini cukup diminati oleh generasi millenial di Kota Malang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, menambahkan dari pagelaran tersebut mampu memberikan kajian dan manfaat lebih bagi generasi millenial khususnya di Kota Malang untuk lebih mengenal akan budaya Panji.

"Generasi millenial harus mau menampilkan cerita - cerita tentang budaya Panji. Karena selama ini kan mereka tidak tahu bahwa cerita budaya Panji ini asli kreativitas dari Jawa Timur," imbuh dia.

Pertunjukan dari Sanggar Ida El Bahra (Sulawesi Selatan) yang membawakan kisah We Tadampali



Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyambut baik pengemasan Festival Panji bertaraf internasional. Bahkan ia katakan siap untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk event selanjutnya.

"Sebagai event Internasional nanti cerita Panji akan menjadi legenda yang mempunyai karakter Indonesia dan memang sudah diakui dunia. Panji dari daerah lain juga punya cerita, kami akan menyediakan kesiapan akan hal itu. Hemat saya pengenalan pada legenda - legenda yang punya akar bangsa ini harus kita kenalkan pada dunia," pungkas dia.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->