Suasana stand-stand tutup di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: istimewa)
Suasana stand-stand tutup di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: istimewa)

Alun-Alun Kota Batu ditutup sejak Minggu (22/3/2020) lalu untuk mencegah keramaian sekaligus demi antisipasi wabah virus Corona atau Covid-19. Selain itu, pedagang kaki lima (PKL) atau Pelaku Niaga Sipil (PNS) di kawasan Alun-Alun Kota Batu pun juga steril tidak berjualan.

Terlihat pada Senin (23/3/2020) kemarin, kawasan Alun-Alun Kota Batu yang biasanya dipenuhi dengan PKL kini nampak sepi dari para penjual. Hanya terlihat stand-stand tempat berjualan yang tanpa aktivitas dan gelap.

“Libur total terhitung sejak hari ini (Senin),” ucap Ketua Pelaku Niaga Sipil (PNS) PKL Alun-alun Kota Batu, Puspita Herdysari kepada BatuTIMES.

Ia menambahkan, para PNS itu akan tutup selama satu Minggu ke depan. Melihat kondisi Alun-Alun Kota Batu steril dari pengunjung sehingga para PNS pun juga mengikuti.

Lalu apakah ada penolakan dari para PNS? Menurut Puspita tidak ada penolakan, karena itu dilakukan sebagai antisipasi menghadapi wabah Covid-19. 

“Gak ada penolakan, karena seminggu yg lalu kita juga sudah mencoba membuka di tengah kepanikan Covid-19 tapi nyatanya juga sepi,” imbuhnya.

Karena itu dengan melakukan penutupan, sebagai upaya untuk pencegahan wabah Covid-19. Sekaligus melakukan gerakan stay at home.