Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso (tengah) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief Assidiq (kiri) saat menunjukkan slogan tersebut di Tempat Pembuangan Terakhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso (tengah) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief Assidiq (kiri) saat menunjukkan slogan tersebut di Tempat Pembuangan Terakhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)

Imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus corona dan tetap berada di rumah terus digencarkan. Meskipun sebagian orang harus tetap beraktivitas di luar rumah karea tugas. 

Beragam slogan maupun tagarkian gencar bertebaran baik berupa tulisan tangan maupun digital. Misalnya  #dirumahaja atau #stayathome dan beragam jenis tagar lainnya. 

Di Kota Batu, petugas kebersihan juga tak mau ketinggalan untuk memberikan imbauan dengan menuliskan tagar "Kami tetap bekerja untuk kamu’ ‘Kamu tetap di rumah untuk kami’.

Slogan yang diketik dalam sebuah kertas itu yang ditunjukkan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief Assidiq saat berada di Tempat Pembuangan Terakhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

Selain itu beberapa petugas kebersihan juga membawa kertas dengan slogan tersebut saat bekerja memungut sampah di beberapa desa. “Di tengah wabah virus corona atau covid19 para petugas DLH Kota Batu harus bekerja ekstra keras di lapangan untuk tetap membuang sampah dan membersihkan jalan-jalan publik, ini sebagai upaya pencegahan,” kata Arief.

Ia menjelaskan setiap harinya ada 399 orang yang harus melaksanakan tugasnya mulai dari mengambil sampah di seluruh desa atau kelurahan di Kota Batu. Hingga harus menyapu jalan protokol di Kota Batu. 

Meskipun demikian, mereka yang bekerja itu kini dibekali tambahan agar tubuh mereka tetap sehat. Yakni dengan memberikan makanan tambahan dan vitamin.

“Di tengah wabah ini kami beri makan tambahan juga vitamin, untuk menjaga kesehatan mereka. Tentunya saat bekerja mereka dilengkapi dengan SOP untuk mencegah virus corona,” ucapnya.

Ya di tengah menjalankan pekerjaan itu mereka dilengkapi dengan menggunakan sarung tangan, masker, dan menjaga jarak 1 meter saat berkomunikasi. Hal itu pun wajib dilakukan oleh para petugas di lapangan.