Erupsi Gunung Raung

Warga di Bondowoso Tak Perlu Diungsikan

Gunung Raung (Foto: tribun)
Gunung Raung (Foto: tribun)

MALANGTIMES - Meski aktivitas vukanik Gunung Raung masih berlangsung, Pihak Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Gunung Raung Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menyatakan warga di lereng gunung tersebut masih dalam kondisi aman dan belum perlu diungsikan.

"Kami menilai belum perlu mengungsikan warga karena yang dibutuhkan saat ini hanya masker untuk melindungi warga dari abu Gunung Raung," kata Letkol (Arh) Sudrajat, Komandan Satgas PB Gunung Raung.

Meski begitu, pihaknya menyebutkan jika warga di lereng gunung tersebut memerlukan bantuan masker. Sebab, sejak  beberapa waktu lalu, abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke Bondowoso. Karena membutuhkan banyak masker itu, pihaknya meminta bantuan sebanyak 27.000 masker ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

"Tadi 27.000 masker itu kami distribusikan kepada warga kurang mampu. Kami memang selektif, agar tidak salah sasaran. Jangan sampai orang bermobil yang kuat membeli masker sendiri, kita kasih," katanya.

Berdasarkan pantauan terhadap gunung dengan ketinggian 3.332 meter diatas permukaan laut itu, arah hembusan abu vulkanik berubah-ubah. (*)

Pewarta : Andi Hartik
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Jatim TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->