Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. atau lebih dikenal sebagai Ustadz Khalid Basalamah menyebut, Rasulullah SAW selalu menyampaikan banyak berita untuk dijadikan sebagai pelajaran bagi umat muslim.

Berita itu kemudian banyak diriwayatkan dalam hadits shahih. Salah satunya, sebuah hadits yang tertera dalam HR Imam Bukhari nomor 2.826 dan HR Imam Muslim nomor 1890. 

Baca Juga : Masuk Islam Lantaran Takut dan Sempat Ragu, Begini Nasib Sahabat Rasulullah

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menyampaikan beberapa pelajaran mengenai dua laki-laki yang membuat Allah SWT tertawa.

"Allah tertawa kepada dua orang laki-laki yang salah seorang dari keduanya membunuh yang lain, tapi keduanya masuk surga," kata Rasulullah.

Para sahabat kemudian bertanya, "Bagaimana ceritanya ya Rasulullah?,".

Lalu Rasulullah menjawab, "Bertemu seorang muslim dan kafir di kancah peperangan. Lalu si kafir membunuh si muslim, si muslim mati syahid. Lalu beberapa waktu kemudian laki-laki kafir tersebut mendapat hidayah dan masuk Islam. Kemudian dia ikut perang dan dibunuh orang kafir yang lain,".

Ustadz Basalamah menyampaikan, hadits tersebut memiliki makna dan pelajaran yang luar biasa. 

Salah satunya adalah hikmah di balik peperangan yang didapatkan oleh kafir yang terlebih dulu membunuh muslim itu.

Baca Juga : Demi Memerdekakan Diri, Budak ini Rela Bunuh Paman Rasulullah

Kondisi itu menurutnya harus menjadi pelajaran bagi seluruh umat muslim. Karena apa yang terjadi pada seseorang saat ini dan kemudian hari tak ada yang tahu. Sebagaimana kisah yang disampaikan Rasulullah SAW tersebut.

Karena bukan tidak mungkin, sebagian besar orang-orang saat itu hanya memandang tercela pria kafir yang membunuh muslim di medan perang. Namun yang dilupakan adalah hikmah yang mungkin didapatkan setiap orang di kemudian hari.

"Orang-orang hanya berpikir jika yang dilakukan laki-laki yang mulanya kafir adalah hal tercela. Tapi lupa akan apa yang didapatkan di kemudian hari," terangnya.