Proses penyerahan bantuan sembako kepada salah satu warung tradisional OBA (Outlet Binaan Alfamart). (Foto: Alfamart)
Proses penyerahan bantuan sembako kepada salah satu warung tradisional OBA (Outlet Binaan Alfamart). (Foto: Alfamart)

PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) atau Alfamart melalui dana CSR nya (Corporate Social Responsibility) melakukan aksi nyata dengan menyalurkan paket sembako kepada 1.500 pedagang warung tradisional OBA (Outlet Binaan Alfamart) melalui program "AlfaMikro dan Suppliers Peduli Warung".

Hal ini dilakukan Alfamart sebagai bentuk kepedulian yang nyata terhadap para pedagang warung tradisional yang sedang terdampak pemasukannya akibat wabah pandemi Covid-19 yang sedang menyerang Indonesia. 

Baca Juga : Bantu Mitra Kerja Terdampak Covid-19, Alfamart dan Alfamidi Gratiskan Sewa Tenant UMKM

Total bantuan yang disalurkan oleh Alfamart mencapai Rp 280.000.000 yang dirupakan sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Corporate Communication General Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya, Nur Rachman mengungkapkan bahwa penempatan penyaluran sembako kepada warung tradisional OBA merupakan aksi nyata atas kepedulian Alfamart kepada pengusaha UMKM yang untuk saat ini sangat terdampak akibat pandemi Covid-19 dan membuat pemasukan menurun drastis. 

"Karena menurunnya daya beli hingga makin selektifnya masyarakat dalam membelanjakan uangnya, pengecer kebutuhan sehari-hari di tingkat paling bawah atau warung tradisional terpaksa mengalami penurunan pendapatan," ungkapnya.

Hal tersebut akan sangat berdampak sekali kepada pemenuhan kebutuhan sehari-hari keluarga para pedagang dalam berjuang di tengah pandemi Covid-19.

"Efeknya juga ke pemenuhan kebutuhan sehari-hari untuk keluarganya sendiri. Untuk itu bantuan sembako ini setidaknya bisa meringankan mereka di masa pandemi ini," imbuhnya.

Bantuan sembako ini terealisasi karena kerjasama antara PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan beberapa perusahaan suppliers yang telah bermitra dengan Alfamart seperti, PT. Korea Tomorrow & Global Indonesia, PT. Djarum, PT. Frisian Flag Indonesia, PT. Ajinomoto Indonesia dan PT. Focus Distribusi Indonesia.

"Isi paket sembako yang diberikan beragam seperti beras, minyak goreng, mi instan, susu kental manis, sirup, bumbu olahan dan lainnya serta untuk 1.500 OBA yang mendapat bantuan tersebar di seluruh daerah Kabupaten/Kota jangkauan Alfamart yang mulai di salurkan pada tanggal 13 hingga 20 Mei 2020," tandas Nur Rachman.

Baca Juga : Cegah Covid-19, BEM Unisba Blitar Bagikan Masker Gratis

Lebih lanjut, Nur Rachman menuturkan terkait OBA yakni merupakan salah satu program dari Alfamart yang memiliki fokus untuk pemberdayaan para pelaku usaha mikro dan kecil, dengan cara memanfaatkan aplikasi AlfaMikro.

Melalui aplikasi tersebut, pedagang warung tradisional dapat memesan stok barang dagangan yang dibeli dengan harga khusus untuk mendapatkan keuntungan yang wajar bagi pedagang. Selain itu, OBA juga akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan agar usahanya semakin maju.

Nur Rachman juga menyebutkan bahwa member OBA dapat memanfaatkan fitur menu Toko Modal pada aplikasi AlfaMikro. Di mana aplikasi tersebut dapat membantu warung tradisional tersebut mendapatkan modal usaha berupa barang dagangan yang dapat dibayarkan secara bertahap, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.