Penyaluran bantuan program sejuta sembako IMR bersama MalangTIMES kepada masyarakat di Malang Raya (Istimewa).
Penyaluran bantuan program sejuta sembako IMR bersama MalangTIMES kepada masyarakat di Malang Raya (Istimewa).

Salurkan bantuan program paket sejuta sembako, relawan Info Malang Raya (IMR) dan MalangTIMES mendapat aduan dari masyarakat pra sejahtera. Masyarakat mengeluhkan masih belum tersentuhnya warga pra sejahtera oleh bantuan sosial.

Salah satunya disampaikan warga kepada relawan saat memberikan bantuan di Desa Pringgodani. Warga mengeluh ada satu keluarga yang kesulitan dalam berobat.

Baca Juga : Pramuka Kwarcab Kota Madiun Serahkan Bantuan Paket Sembako pada warga terdampak covid-19.

Pria yang sulit berobat itu adalah Madra'i. Pria yang divonis sakit kanker tenggorokan akibat dari menghisap tembakau secara berlebihan alias perokok berat. Dia mengeluh lantaran sangat kesulitan dalam berobat menuju ke RSSA Saiful Anwar. Salah satu anaknya mengutarakan jika untuk pemulihan kesehatan harus merogoh kocek Rp 500 ribu setiap 3 hari sekali.

"Sedangkan pita suaranya sudah tidak bisa diperbaiki lagi," terangnya.

Bukan hanya itu, warga Dusun Krajan Desa Pringgondani  RT/RW. 25/04 Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Purwanto juga mengeluhkan jika dirinya belum pernah tersentuh bantuan sosial. Dia pun berharap ke depan bisa menerima bantuan. Karena memang tergolong fakir miskin.

"Saya berharap bisa mendapat bantuan sosial seperti ini," katanya.

Keluhan juga datang dari dua orang tua bernama Mbah Gimo dan Bu Murtinem yang beralamatkan di Dusun Krajan. Keduanya jarang mendapat bantuan sosial, sehingga saat MalangTimes-IMR memberi bantuan, keduanya tak hentinya menyampaikan ucapan terima kasih sembari menangis.

Ketua Tim pelaksana, Sam Huda menyampaikan, pembagian sejuta sembako tersebut sengaja menerjunkan tim relawan Basmi Corona. Sekitar 15 anggota diterjunkan untuk mengcover pendistribusian sembako dengan tepat waktu, mengingat medan yang dilalui sangat berat sekali.

"Kami berangkat dan tim sengaja dibagi agar semua terdistribusi tepat waktu," terangnya sembari memberikan ke salah satu penerima berupa 5 Kg beras berkriteria anak yatim.

Sementara itu, General Manager JatimTIMES Group, Heryanto menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari aksi sosial. Sebagai media, JatimTIMES Group tentu hatus berperan aktif dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan sosial.

Dia pun menegaskan jika tak ada nuansa politik dalam kegiatan soial tersebut. Karena ini menjadi salah satu momen untuk menjaring semua golongan untuk bergerak bersama. Melalui kegiatan sosial ini, diharapkan kepedulian sosial masyarakat semakin meningkat.

"Dan sebagai media akan mengawal setiap kegiatan yang dilaksanakan," terang Heryanto.

Baca Juga : Dishub Jatim Bagi Paket Sembako untuk Driver Ojol di Daerah PSBB

Kegiatan sosial berupa pengumpulan sembako ini merupakan bentuk kepedulian terhadap dampak covid-19, terutama bagi warga Malang Raya yang terdampak. Pengumpulan donasi pun dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari program #MalangBasmiCorona.

Aksi sosial ini diselenggarakan atas kerjasama IMR, MalangTIMES dan didukung penuh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kapolres Malang Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, dan Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf. Ferry Muzawward.

Selain itu juga didukung penuh oleh Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Indonesia (HMPSI), BIUUUS Indonesia Korwil Jatim, Ikatan Wartawan Online (IWO) dan Prisma Raya.

Bantuan yang terkumpul sejak Senin (28/4/2020) lalu telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di Malang Raya. Bantuan berupa sembako itu akan terus disalurkan kepada masyarakat terdampak seperti pekerja yang dirumahkan, janda, hingga fakir miskin.