Petugas saat melakukan test kepada pedagang di pasar besar kota Batu. (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan test kepada pedagang di pasar besar kota Batu. (Foto: istimewa)

Ditemukannya 4 pasien Konfirm positif Covid-19 dan 1 orang meninggal dunia di Desa Giripurno, tim Dinas Kesehatan melakukan rapid test massal kepada warga di sana, Jumat (22/5/2020).

“Kasus di Desa Giripurno sudah 4 konfirm dan meninggal 1 orang, maka tadi  (Jumat) dilakukan rapid test massal warga masyarakat Desa Giripurno sebanyak 174 orang,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Kombinasi Dua Obat Herbal Ini Jadi Duo Ampuh Tangani Covid

Dari 174 orang itu, didapati hasilnya 26 reaktif positif. Sehingga atas dasar kondisi tersebut, lalu juga untuk mencegah serta melindungi warga masyarakat dari paparan virus corona, maka dilakukan rapat di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.

“Rapat dilakukan dengan Kepala Desa, tokoh masyarakat, Kepala Dusun, RW dan RT, Camat dan jajaran Forpimcam serta Dinas Kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu, hingga saat ini dari 11 pasien konfirm di Kota Batu, 7 di antaranya di rawat di RSU Karsa Husada. Dua di antaranya sembuh, merupakan warga Desa Pesanggarahan, dan Desa Bulukerto. Dan satu meninggal asal Desa Giripurno.

Sedangkan hingga saat ini, kasus covid-19 di Kota Batu rinciannya, orang dalam risiko (ODR) ada 2762, di antaranya 911 orang sedang dalam pemantauan, dan 1851 orang selesai pemantauannya.

Baca Juga : Penjual Kelapa di Pasar Besar Kota Batu Positif Covid 19

Lalu untuk orang tanpa gejala (OTG) ada 245 orang, dengan pemantauan ada 32 orang, dan selesai pemantauan ada 213 orang. Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 282 orang, dalam pemnatauan 53 orang, dan selesai pemantauan ada 229 orang.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sejumlah 60 orang, rinciannya ada 15 dalam pengawasan dan 39 orang selesai pengawasan. Dan 6 orang meninggal dunia.