Masjid An-Nuur Kota Batu.
Masjid An-Nuur Kota Batu.

Takmir Masjid Masjid An-Nuur Kota Batu mengikuti langkah masjid-masjid besar lainnya di Indonesia. Masjid yang terletak di pusat Kota Wisata ini juga meniadakan salat idulfitri 1441 Hijriah tahun 2020. 

Biasanya Masjid berlokasi di kawasan Alun-Alun Kota Batu itu menjadi salah satu pilihan warga khususnya Kota Batu untuk melakukan salat Idulfitri. Namun  tahun ini ditiadakan.

Baca Juga : Seekor Unta Mengamuk dan Menyerang Semua Orang, Lalu Tunduk di Kaki Rasulullah

“Pada tahun 2020 ini, tidak menyelenggarakan salat Idulfitri secara berjemaah.  Kepada jemaah diimbau melaksanakan Salat Idulfitri di rumah masing-masing,” ucap Takmir Masjid An-Nur Bambang Irawan.

Keputusan itu dilakukan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda. Melihat pasien konfirm positif Covid-19 di Kota Batu mencapai 11 orang.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Batu Ismail A Gani menambahkan, imbauan untuk salat Idulfitri di rumah masing-masing sudah ada dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 25 tahun 2020, pernyataan Menteri Agama, dan Perwali 48 tentang pelaksanaan PSBB Malang Raya.

“Hal ini dilakukan demi pencegahan dan penyebaran Covid-19, dan sebagai upaya untuk memutus mata rantai pandemi ini,” ucapnya.

Baca Juga : Ini Kebijakan Pemkot dan Pemkab Madiun Terkait Salat Idulfitri

“Kegiatan Salat Idul Fitri 1441 H secara berjemaah di masjid tahun ini untuk sementara ditiadakan dan diharapkan para jemaah bisa beribadah di rumah masing-masing bersama keluarga inti," tutup Ismail.