Wahana yang masih ditutup di The Legend Stars. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wahana yang masih ditutup di The Legend Stars. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Memasuki era transisi new normal, Pemkot Batu sudah memperbolehkan tempat wisata untuk dibuka Senin (1/6/2020). Meski demikian, sejumlah tempat wisata memilih tetap tutup lantaran masih ingin menyiapkan protokol kesehatan.

Beberapa tempat wisata yang terpantau masih tutup antara lain Jawa Timur Park Group, Taman Rekreasi Selecta, dan Wanawisata Paralayang.

Baca Juga : Objek Wisata di Kabupaten Malang Mulai Dibuka, Wisatawan Diimbau Patuhi SOP

Manager Marketing & Public Relation Jawa Timur Park Group Titik S.  Ariyanto mengatakan tidak ingin terburu-buru untuk membuka seluruh wisata di sana. “Karena di 15 tempat wisata ini punya ciri, sifar, dan karakter pemgunjung yang berbeda-beda. Sehingga perlu memperhatikan setiap detail wahana di tempat wisata,” ucapnya.

Padahal, sudah dilakukan protokol kesehatan. Mulai dari menyiapkan hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan sebagainya. Tetapi itu masih membutuhkan waktu untuk menyiapkan protokol kesehatan agar maksimal.

Menurut Titik, kesiapan protokol kesehatan ingin dimaksimalkan untuk minimalisasi sentuhan dengan menerapkan physical distancing pengunjung di wahana. “Dan mengoptimalkan protokol kesehatan, akan ada penambahan 100 wastafel di Jatim Park 2,” imbuh Titik.

Baca Juga : Sektor Pariwisata segera Dibuka, Museum Angkut Simulasikan Jarak Antrean Tiket dan Toilet

Hal senada juga diungkapkan Kepala Wanawisata Paralayang Gunung Banyak, Bambang Hariyanto. Dia mengatakan masih menyiapkan protokol kesehatan secara maksimal. “Kami masih tutup dan masih menunggu Pemkot Batu datang melihat kesiapan laralayang,” ucapnya.