Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg dalam Webinar "Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life". (Foto: Ima/MalangTIMES)
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg dalam Webinar "Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life". (Foto: Ima/MalangTIMES)

Datangnya pandemi Covid-19 memberikan efek besar terhadap dinamika perekonomian di Indonesia. Lantaran pandemi yang selama berbulan-bulan belum mereda ini, ekonomi Indonesia terus melemah.

Pemerintah terus mencari solusinya. Salah satu yang menjadi pemikiran para akademisi adalah ekonomi syariah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) pun mengadakan Webinar Nasional "Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life".

Baca Juga : Tolak Keras Sekolah Dibuka di Era New Normal, IDAI Peringatkan 1 Juta Anak Bisa Meninggal

Webinar yang diadakan melalui aplikasi zoom ini menghadirkan Wakil Presiden (Wapres) RI Indonesia Prof Dr (HC) KH Ma'ruf Amin.

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg menyampaikan, selain sebagai Wapres, Ma'ruf Amin juga merupakan seorang guru besar Ekonomi Syariah UIN Malang.

"Sehingga kehadiran beliau dalam acara ini ada dua misi, yang pertama sebagai pejabat, yang kedua sebagai seorang ekspert dalam bidang ekonomi syariah," tuturnya.

Kata Prof Haris, persoalan ekonomi di masa Covid-19 ini bukan hanya dirasakan oleh rakyat paling bawah, namun juga perusahaan-perusahaan besar.

"Maka kita punya alternatif yang mungkin menjadi pilihan kita, yakni ekonomi syariah. Bagaimana peran ekonomi syariah terutama di Indonesia. Bahkan mungkin pikiran-pikiran yang tumbuh dari ekonomi syariah ini akan menjadi solusi bagi ketangguhan dari ekonomi seluruh umat manusia di dunia ini," paparnya.

Penjelasan soal ekonomi syariah sebagai solusi di masa pandemi ini diarahkan langsung oleh Ma'ruf Amin. Prof Haris menyatakan, UIN Malang amat sangat bangga dengan kehadiran Ma'ruf Amin.

Baca Juga : UIN Malang Jadi Pelopor Rumuskan New Normal Life

"Karena beliau seorang sarjana, seorang expert, seorang ulama, dan sekaligus seorang pejabat yang tentu saja menjadi rujukan kita semua," tandasnya.

Staf khusus Wapres Masykuri Abdillah menyampaikan kepada para pimpinan UIN Malang bahwa UIN Malang merupakan perguruan tinggi pertama yang bisa mengajak Ma'ruf Amin bergabung dalam Webinar.

"Saya ingin menyampaikan kepada saudara-saudara terutama pimpinan UIN Malang, selamat! Anda adalah orang yang pertama sekali bisa mengajak Wakil Presiden melalui Webinar ini. Belum pernah ada yang lain," katanya.

Webinar yang diikuti oleh 900 lebih partisipan ini juga memicu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lain mengadakan Webinar serupa dengan Wapres.

"Ada keinginan juga teman-teman rektor dari PTKIN seluruh Indonesia untuk mengadakan hal yang sama karena iri dengan ini," pungkasnya.