Tak Perlu Hujan Buatan, 250 Personel Tim Gabungan Terus Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Panderman

Kondisi kebakaran hutan Gunung Panderman, Selasa (23/7/2019).
Kondisi kebakaran hutan Gunung Panderman, Selasa (23/7/2019).

BATUTIMES - Kebakaran hutan di Gunung Panderman, Kota Batu, telah berkurang. Namun,  api itu masih berkobar di bagian lainnya. Dan hingga siang ini, 250 personel tim gabungan masih melakukan pemadaman api hingga siang ini.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko terus memantau hingga hari ini. Tadi pagi Dewanti memantau dari area peternakan kuda Megastar, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu.

 Dalam pemadaman, personel dibagi menjadi beberapa tim. Tim pertama melakukan pemadaman di Parang Putih, tim kedua di Bon Klerek, dan tim ketiga di Bon Tutup. Mereka dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu bersama Perhutani Malang, Polres Batu, TNI,  Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH), mahasiswa, dan sebagainya.

“Hingga saat ini tim satu telah melakukan pembuatan sekat bakar sepanjang kurang lebih 200 meter dan lebar 3 meter,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Ia menambahkan, kondisi saat ini, ada salah satu personel tim satu saat bergerak ke selatan paralayang bertemu dengan titik api cukup besar. Sehingga, tim langsung membuat sekat dengan panjang 300 meter dan lebar 2,5 meter. “Sedangkan tim dua dan tiga membuat sekat bakar dengan lebar kurang lebih 3 meter dan panjang 100 meter,” imbuhnya. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan dari hasil pantauan kebakaran hutan hingga pagi hari tadi, tidak diperlukan hujan buatan. Hanya, memang perlu ada penambahan sarana dan prasarana.

“Karena kebakaran bisa diatasi, jadi tidak perlu hujan buatan. Pemkot Batu membantu logistik dan kebutuhan yang diperlukan untuk pemadaman kebakaran hutan,” ujar Dewanti.

Kebakaran hutan Gunung Panderman terjadi sejak Minggu (21/7/2019) pukul 19.45.  Api membesar karena banyak rumput  kering karena kemarau. 

 

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->