Kebakaran Hutan Panderman Ternyata Dilakukan Orang, Kini Pelaku Diamankan di Kantor Polisi

Kondisi kebakaran di di area Gunung Panderman.
Kondisi kebakaran di di area Gunung Panderman.

BATUTIMES - Seluas 70 hektar lahan hutan di area Gunung Panderman terbakar. Hingga saat ini, belum semua padam. Kini titik baru kebakaran muncul lagi di petak 219, Selasa (23/7/2019). 

Lokasi kebakaran baru itu, belum semuanya padam. Pada pukul 17.45 WIB terdapat laporan warga bahwa terjadi kebakaran hutan 

Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menjelaskan untuk saat ini kondisi di bagian utara hutan kembali terbakar. Sedangkan kondisi di bagian selatan, api merambat kebawah (tebing wajik’an). Padahal sebelumnya luasan yang terbakar itu hanya 60 hektare. 

“Tapi sekarang jadi 70 Hektare atau bertambah 10 hektare karena cuaca ini masih berangin, dan sudah merambat hingga petak 213,” ungkap dia.

Die menambahkan, belum semuanya padam, pada pukul 17.45 WIB terdapat laporan warga bahwa terjadi kebakaran hutan di sebelah selatan Coban Putri, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. “Untuk saat ini TRC PB BPBD sedang menuju lokasi untuk melakukan kaji cepat dan koordinasi penanganan darurat,” ungkapnya. 

Sebelumnya kebakaran itu berada di petak 227, 213, namun muncul di petak 219. Setelah ditelusuri dari tim pemadam yang meluncur ke area kebakaran untuk dilakukan pemadaman, didapati seorang pria. Diduga pria tersebut merupakan tersangka yang membakar hutan tersebut. 

Rupanya kebakaran di petak 219 itu lantaran disengaja. Untuk saat ini tersangka langsung dibawa ke Polres Batu untuk dilakukan penyelidikan lebih dalam. 

Sedang rencananya operasi pemadaman pada Rabu (24/7/3019) fokus penanganan, bukan pemadaman api. Tetapi pembuatan ilaran atau sekat di curah parang secara vertikal sejauh kurang lebih 600 meter dengan lebar 5 meter. “Hal ini kita lakukan dengan tujuan kebakaran tidak semakin luas. Akan ada pembagian regu dibagi menjadi dua, yaitu kelompok atas dan kelompok bawah (sekitaran curah parang),” tutup Rochim. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->