Pelaku Akui Bakar Hutan untuk Pembukaan Lahan Rumput Gajah dan Sayur

Tim gabungan pemadam kebakaran saat bersama tersangka (tengah).
Tim gabungan pemadam kebakaran saat bersama tersangka (tengah).

BATUTIMES - Motif pembakaran hutan di Kota Batu terkuak. Hal itu setelah petugas mengamankan seorang pria yang diduga kuat melakukan aksi pembakaran hutan. Hingga saat ini, pria yang diketahui warga Kelurahan Temas, Kecamatan Batu masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Batu. 

Pelaku diduga membakar hutan di petak 219 area Coban Putri, Desa Tlekung, Kecamatan Batu. “Saat memantau di hutan Gunung Panderman di Jalur Lintas Barat Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan dapat informasi kami langsung bergerak ke titik kebakaran,” kata Waka Korkam KPH Malang, Dedi.

Kronologinya saat tim gabungan pemadam kebakaran berada di lokasi tersebut didapati seorang pria sedang membawa senjata tajam sabit, dan korek api. Diduga pria tersebut yang melakukan pembakaran hutan tersebut.

Pria tersebut membakar lahan tersebut diduga untuk perambahan hutan atau membuka lahan, untuk nantinya bisa ditanami rumput gajah dan sayuran. “Saat diduga tersangka ini kami tanya, pria ini mengaku membakar hutan ini untuk membuka lahan,” imbuhnya saat dikonfirmasi.

Mengetahui hal tersebut pria itu berencana melarikan diri menggunakan sepeda motor. Namun salah satu petugas tim gabungan pemadam kebakaran sudah membawa kunci sepeda motor diduga tersangka, niat itu pun akhirnya gagal. “Kunci sepeda motor saat itu saya bawa. Jadi pria ini gagal untuk kabur,” tambahnya. 

Pria itu pun kini sudah dibawa ke Polres Batu untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Diduga pria ini merupakan warga Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Sedang lahan hutan yang terbakar itu kurang lebih luasnya setengah hektare. Namun lahan yang terbakar itu sudah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan pemadam kebakaran. Sedangkan lahan yang dibakar itu adalah hutan produksi. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->