Cegah Berbagai Penyakit yang Rentan Menyerang di Usia 35 Tahun ke Atas dengan Pola Hidup Ini

Pakar kesehatan dan kecantikan dr Sugeng Firmansyah saat menjadi pembicara dalam seminar kesehatan dan kecantikan di UM. (Foto: Humas)
Pakar kesehatan dan kecantikan dr Sugeng Firmansyah saat menjadi pembicara dalam seminar kesehatan dan kecantikan di UM. (Foto: Humas)

BATUTIMES - Penampilan sehat alami dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Yakni dengan menjaga pola makan, mengatur emosi, dan berolahraga.

Hal ini dinyatakan pakar kesehatan dan kecantikan dr. Sugeng Firmansyah saat menjadi pembicara dalam seminar kesehatan dan kecantikan dengan tema “Membangun Inner Beauty untuk Penampilan Sehat Alami” di aula Lt.9 gedung Graha Rektorat Universitas Negeri Malang.

Sugeng Firmansyah menegaskan bahwasanya sakit atau sehat merupakan pilihan masing-masing individu. Timbulnya penyakit-penyakit pada usia di atas 35 tahun disebabkan oleh keasaman tubuh meningkat atau pengental darah. Sehingga, pada usia tersebut tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi seperti sate, gule, rawon, seafood, dan ayam bakar.

"Pemicu meningkatnya keasaman tubuh pada usia di atas 35 tahun ialah tidak menjaga pola makan sehat, memasak menggunakan bahan-bahan instan, tidak berolahraga, pola pikir yang stres, air yang kotor, mengedepankan pola makan enak, merokok, tidak menjaga pola istirahat," bebernya.

Sangat penting menjaga dan merawat ginjal tubuh pada usia tersebut. Sebab, menjaga dan merawat ginjal akan menjadikan peredaran darah menjadi lancar.

Hal tersebut akan memicu terjaganya kesehatan di seluruh anggota tubuh lainnya karena peredaran darah atau pendistribusian darah yang mengandung air dan oksigen dilakukan oleh ginjal.

Merawat kesehatan ginjal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air sebanyak 2-2,5 liter air per hari. Juga mengurangi penggunaan garam.

Menjaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat dengan cara beristirahat yang berkualitas juga harus dilakukan.

Penting juga mengatur emosi dengan selalu berpikiran positif dalam hidup. Ditambah dengan berolahraga secara rutin. "Olahraga yang cocok pada usia 40 tahun ke atas ialah jalan, senam, dan jogging," imbuhnya. Dan yang perlu menjadi catatan, mengonsumsi makanan sehat bukan makanan enak.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->