Suasana peringatan Harganas 2020 (Hendra Saputra)
Suasana peringatan Harganas 2020 (Hendra Saputra)

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) dalam suasana pandemi Covid-19.

Tentunya, perayaan Harganas 2020 ini tak sama dengan tahun lalunya. Di mana Dinsos-P3AP2KB Kota Malang, merayakannya dengan memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis. Baik di kantor ataupun melalui mobil KB on the road.

Baca Juga : Terdampak Covid 19, Target Pajak Daerah Kabupaten Malang Merosot Rp 90 Miliar

"Tahun-tahun lalu kami ada pelayanan KB gratis, mobil KB on the road. Tahun ini karena pandemi kami tidak ada layanan. Sebagai gantinya kami kerjasama dengan penyandang tuna netra," ujar Kepala Dinsos-P3AP2KB, Penny Indriani, Senin (29/6/2020).

Penny melanjutkan, para tuna netra juga merupakan binaan sosial dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan pada kegiatan ini diundang untuk sedikit memeriahkan Harganas 2020.

"Mereka juga keluarga kita, dan kami membuat kegiatan ini supaya mereka juga punya kegiatan. Seperti pijat, buat keset dan lainnya," ujarnya. 

Dalam kegiatan itu, ada lima orang dari tuna netra yang merajut keset, memijat dan meracik kopi. Sementara untuk disabilitas tuna netra juga dilatih untuk membaca uang dan huruf Braille.

Baca Juga : PAD Merosot, Banyak Sektor Retribusi Daerah di Kabupaten Malang Tak Beroperasi

"Yang anak disabilitas itu bersama orang tuanya dilatih agar bisa membaca uang, membaca huruf braille, supaya tidak tertipu nantinya. Harapan kami juga keluarga semakin sejahtera, dengan dua anak cukup," tandasnya.