Hamparan bunga di Coban Sadang Alam Pujon. (Foto: YOGI IR/MalangTIMES)
Hamparan bunga di Coban Sadang Alam Pujon. (Foto: YOGI IR/MalangTIMES)

Konsep Coban Sadang Alas Pujon berbeda dengan ekowisata kebanyakan. Pihak pengelola sama sekali tidak mengubah ekologi. Malah melengkapi dan memperbaiki drainase di sana.

"Jadi kita tidak akan nebang-nebang pohon yang ada di sini. Jadi mengurangi itu tidak. Malah memperbaiki drainase yang ada supaya tidak ada longsor," terang Gogiek, salah satu owner Coban Sadang Alas Pujon.

Baca Juga : Bupati Mentargetkan Wisata Lumajang Mulai Jualan Dalam Bentuk Paket Wisata

 

Berikut ulasan media ini saat berkunjung ke Coban Sadang Alas Pujon: https://www.malangtimes.com/baca/54379/20200628/080000/segera-hadir-coban-sadang-alas-pujon-menikmati-air-terjun-sambil-nongkrong-di-kafe-pohon

Gogiek menegaskan, pihaknya tidak akan merusak alam di sana. Malah memanfaatkan potensi yang ada dengan maksimal. Inilah salah satu perbedaan tempat wisata Coban Sadang Alas Pujon dengan yang lain. Jadi, pengunjung tetap bisa menikmati suasana alam dengan nyaman.

Nantinya, kata Gogiek, di Coban Sadang Alas Pujon juga disediakan tempat penginapan berupa pondok-pondok di tengah hutan. Walaupun pondok itu bernuansa alam, fasilitas di dalamnya modern bak apartemen. Ada kamar tidur, teras, ruang tamu, kitchen set, dan sebagainya. Pondok ini ada yang satu lantai dan dua lantai, ukurannya 5x6 meter, bisa dihuni hingga 1 keluarga dengan 3 anak.

Meski demikian, penghuni dapat merasakan sensasi kehidupan alamiah dengan belajar menanam sayuran dan bunga-bunga serta memanennya.

"Kita kerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Di sekelilingnya (pondok-pondok) nanti kita manfaatkan sebagai tempat (menanam) sayuran," papar pria yang juga berprofesi sebagai arsitek tersebut.

Gogiek dan owner lainnya tidak menginginkan pengunjung sekadar selfie-selfie di sana. Melainkan juga menikmati suasana hutan yang masih sangat alami dengan nyaman.

Baca Juga : Kenapa Ranu Pani, Ini Penjelasan Bupati Lumajang

 

Nantinya, selain ada Kafe Pohon, di Coban Sadang Alas Pujon juga terdapat resto bernuansa alam dengan view yang mengarah ke jalanan. Resto ini juga merupakan ikon Coban Sadang Alas Pujon yang menjadi daya tarik selain air terjun dan hamparan bunga-bunga warna-warni.

"Kita sangat memahami terkait dengan semangat untuk memperbaiki lingkungan dan memberdayakan masyarakat desa hutan di sini," timpalnya.

Perlu diketahui, pihak pengelola juga akan mempersiapkan tempat khusus untuk UMKM agar masyarakat bisa menjual dagangannya di sana.

"Dan mudah-mudahan bisa menyerap tenaga kerja ring 1 sekitar hutan ini. Jadi ada perbaikan ekonomi," tandasnya.