Api Meluluhlantahkan 40 Hektare Hutan Gunung Arjuna

Kondisi hutan Gunung Arjuna usai dipadamkan, Senin (28/7/2019). (Foto: istimewa)
Kondisi hutan Gunung Arjuna usai dipadamkan, Senin (28/7/2019). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Jika keganasan api meluluh lantahkan kawasan hutan di Gunung Panderman sebanyak 70 hektare beberapa hari lalu, kini kebakaran hutan Gunung Arjuna Minggu (28/7/2019) merenggut 40 hektare, Senin (29/7/2019).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menjelaskan, luasan hutan yang terdampak kebakaran hutan diperkirakan 40 hektare itu berada di blok Gentong Growah, dengan elevasi antara 2700-2800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Setelah dilakukan pemantaun tim yang berhasil memadamkan api di sana kisarannya 40 hektare yang terdampak,” ucap Rochim, Selasa (30/7/2019).

Ia menjelaskan, titik api di puncak Gunung Arjuna sudah bisa dikondisikan setelah dilakukan penanganan oleh tim gabungan dengan cara manual. Dengan membuat sekat dari sabit dan peralatan seadanya.  

“Seluruh tim Penanganan Darurat Kebakaran Hutan Gunung Arjuno sudah ditarik mundur. Namun kami tetap memantau kondisi ini,” imbuhnya. 

Hanya saja, adanya kebakaran hutan ini masih belum diketahui penyebabnya melihat titik api yang berada di puncak Gunung Arjuna. Karena itu beberapa langkah akan dilaksanakan oleh tim.

Yakni dengan pemantauan selama 3-7 hari mendatang. “Langkah yang dilaksanakan oleh tim di lapangan juga melakukan Assessment untuk mengetahui kronologi kejadian, vegetasi yang terbakar, sisa bara api, dan menyisir potensi pendaki yang belum turun,” imbuhnya.

Menurutnya meskipun api telah berhasil dipadamkan bahwa jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang masih ditutup sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->