Dua Universitas di Malang Peringkat 1 dan 2 MTQ Mahasiswa Nasional 2019

Foto istimewa
Foto istimewa

BATUTIMES - Dua perguruan tinggi di Malang, yakni Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB), meraih peringkat 1 dan 2 pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) Ke-16 2019 di  Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. MTQMN ini diikuti 2.500 peserta dari 200 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

UM meraih nilai tertinggi dan ditetapkan sebagai juara umum dengan skor 64. Sedangkan UB meraih peringkat kedua dengan jumlah skor beda tipis dengan UM, yakni 63.

Tepat di bawah UB, ada Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skor 41 dan Universitas Indonesia (UI) dengan skor 38. Selanjutnya, terdapat Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang dengan perolehan skor yang sama, yakni 36.

Dengan ini, UM berhasil mempertahankan gelar juara umum dalam pelaksanaan MTQMN selama 4 kali berturut-turut. Selain doa dan kerja keras, resep UM untuk mempertahankan kejuaraan ini adalah pola pembinaan yang baik dan berkesinambungan.

“Terutama adalah pola pembinaan kemahasiswaan yang baik dan berkesinambungan, karena prestasi tidak datang dalam waktu yang singkat, tetapi membutuhkan sistem pembinaan yang terprogram,” ujar Dr Mu’arifin MPd selaku wakil rektor III bidang kemahasiswaan UM.

Dr Yusuf Hanafi SAg MFilI selaku penanggung jawab kafilah menyatakan bahwa UM perlu menyusun sejumlah program dan strategi untuk mempertahankan prestasi di ajang MTQMN selanjutnya. "Salah satunya melalui pendirian rumah tahfidzul Quran," ucapnya.

Dalam MTQ MN ini, UM memenangkan 12 cabang lomba. Di antaranya adalah peraih juara 1 dalam cabang musabaqah syarhil Quran (MSQ), karya tulis ilmiah Alquran (KTIA), dan desain aplikasi Quran (DAQ). Selanjutnya peraih juara 2 dalam cabang musabaqah hifdzil Quran (MHQ) 30 juz putri dan musabaqah hifdzil Quran (MHQ) 20 juz putra.

UM juga meraih juara 3 dalam cabang lomba musabaqah debat bahasa Arab (MDBA), musabaqah fahmil Quran (MFQ), dan musabaqah khothil Quran (MKQ) dekorasi putri.

Kemudian peraih juara harapan 1 untuk musabaqah tartilil Quran (MTrQ) putri, peraih juara harapan 2 untuk cabang musabaqah tilawatil Quran (MTQ) putra dan musabaqah debat bahasa Inggris (MDBI).

Terakhir, UM juga meraih juara harapan 3 untuk musabaqah tilawatil Quran (MTQ) putri.

Rektor UM Prof Dr AH Rofi’uddin MPd menyampaikan apresiasinya atas pencapaian kafilah UM dalam MTQMN kali ini. “Alhamdulillah, luar biasa. Akan segera diagendakan acara khusus untuk menyambut keberhasilan kafilah UM dalam MTQMN tahun ini,” ucapnya.

Sama halnya dengan UM, UB pun akan menyambut tim MTQMN yang dijadwalkan sore nanti, Senin (5/8/2019).

 

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->