Ingin Jalan-Jalan Pas Libur Hari Kemerdekaan? PT KAI Bagi-Bagi Tiket Gratis

Promosi program tiket gratis di Hari Kemerdekaan di Stasiun Gubeng. (Foto: Dokumen PT KAI Daop 8 Surabaya)
Promosi program tiket gratis di Hari Kemerdekaan di Stasiun Gubeng. (Foto: Dokumen PT KAI Daop 8 Surabaya)

BATUTIMES - Libur nasional peringatan Hari Kemerdekaan bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan. Bila tak ingin merogoh kocek untuk transportasi, masyarakat bisa memanfaatkan program PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang akan bagi-bagi tiket gratis pada 17 Agustus mendatang. 

Selain dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, program tersebut sekaligus sebagai sarana sosialisasi gerakan menggunakan sarana transportasi massal. "Dengan cara menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap kereta api, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya pada tanggal 17 Agustus 2019 memberlakukan tarif gratis pada perjalanan kereta api lokal/komuter PSO (subsidi)," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto. 

Ada 13 kereta yang masuk dalam program tarif gratis di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Di antaranya KRD ekonomi relasi Sidotopo-Porong, Surabaya Kota-Porong (PP), Surabaya Pasar Turi-Lamongan (PP), KA Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP), KA Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP), KA Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP).

Juga KA Penataran relasi Blitar-Surabaya Gubeng (PP), KA Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota, KA Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang, KA ekonomi lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasar Turi-Bojonegoro (PP), serta KA ekonomi lokal relasi Kertosono-Surabaya Kota (PP). "Total ada 46 perjalanan dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya," urai Suprapto.

Meski demikian, ada sejumlah syarat untuk mendapatkan promo tiket gratis itu. Pertama, penumpang tetap wajib memiliki tiket. Pembelian tiket dengan tarif “Rp 0" hanya dilayani di loket stasiun keberangkatan penumpang secara go-show (penjualan langsung). "Kuota tiket untuk masing-masing kereta api sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum kereta api yang bersangkutan," paparnya.

Untuk penumpang yang telah membeli tiket dengan tarif normal, maka bea tiket dikembalikan dengan ketentuan khusus. "Pengembalian bea dilakukan di stasiun kedatangan penumpang dan dilakukan secara tunai menggunakan bentuk 239 (blanko dinas KAI)," terangnya.

Suprapto berharap, dengan adanya promo gratis KA lokal/KA komuter PSO (subsidi) ini, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah Jawa Timur dengan sebaik mungkin dalam menikmati suasana liburannya. 

"Selain itu, program promo ini akan menambah semarak nuansa kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan dengan memudahkan masyarakat dalam mobilitas mengunjungi tempat-tempat wisata di wilayah Jawa Timur," pungkasnya.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->