Truk Tangki Pertamina Berisi Avtur Kecelakaan di Jombang, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Proses evakuasi truk tangki Pertamina yang mengalami kecelakaan di Jl Gatot Subroto, Kelurahan Jelakombo, Kabupaten Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Proses evakuasi truk tangki Pertamina yang mengalami kecelakaan di Jl Gatot Subroto, Kelurahan Jelakombo, Kabupaten Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

BATUTIMES - Truk tangki milik Pertamina bermuatan avtur mengalami kecelakaan di jalan nasional Kabupaten Jombang. Kecelakaan ini mengakibatkan arus lalu lintas di ruas jalan nasional itu lumpuh.

Kecelakaan truk tangki Pertamina bernopol L 9237 US ini terjadi di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Jelakombo, Kecamatan Jombang, pada Kamis (15/8) sekitar pukul 04.15 WIB.

Kanit Laka Satlantas Polres Jombang Iptu Sulaiman menerangkan, truk tangki yang dikemudikan Wawan Setiono (42), warga Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, ini semula melaju dari arah Surabaya menuju ke Madiun.

Setibanya di lokasi kejadian, sopir truk diduga mengantuk sehingga tidak bisa mengendalikan laju kendaraan dan menabrak pohon di sisi kanan jalan. Laju kendaraan baru berhenti saat truk menabrak rumah warga.

"Kendaraan berjalan dari arah utara. Diduga sopir mengantuk sehingga truk tangki mengarah ke ke kanan kemudian menabrak pohon dan pagar rumah warga yang berada di barat jalan," ungkapnya saat diwawancarai di lokasi kejadian.

Kecelakaan ini mengakibatkan truk mengalami  ringsek di bagian bodi depan. Sedangkan tangki berisi avtur mengalami kebocoran di bagian tengah atau tepat di belakang ruang kemudi.

Untuk mengantisipasi kebakaran akibat avtur yang meluber ke jalan, pihak Satlantas Jombang telah menghubungi pemadam kebakaran setempat untuk membersihkan luberan avtur. "Damkar sudah kita hubungi, supaya nanti (avtur yang tumpah di jalan, red) bisa dibersihkan dialirkan di saluran got," ujar Sulaiman.

Tidak ada korban jiwa atas kecelakaan tersebut. Hanya saja pengemudi mengalami luka dan dirawat di RSUD Jombang. Satu penumpang truk tangki, yakni Udin (19), warga Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, juga mengalami luka.

Kejadian tersebut mengakibatkan kelumpuhan di jalan nasional, tepatnya di Jalan Gatot Subroto. Untuk mengurai.kemacetan, seluruh kendaraan dari arah Surabaya menuju Madiun atau dari Jalan Soekarno-Hatta Jombang dialihkan menuju jalur kota di Jalan Gus Dur.

"Mulai tadi jam setengah lima pagi (04.30 WIB), sudah kami alihkan masuk kota. Dan alhamdulillah sudah tertangani," kata Sulaiman.

Sementara, atas kejadian tersebut, pihak Pertamina mengalami kerugian hingga Rp 2-3 miliar. Supervisor Pertamina Surabaya wilayah kerja Madiun AR Ratu saat di lokasi menuturkan, truk tangki milik Pertamina itu saat kecelakaan mengangkut 32 ribu liter avtur. Bahan bakar itu akan dikirim ke Madiun untuk bahan bakar pesawat. "Ya dikalikan harga avtur sama mobilnya sih ya bisa 2-3-an (Rp 2-3 miliar)," pungkas nya.

 

Pewarta : Adi Rosul
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->