12,5 Miliar Ton Es Kutub Utara Meleleh dalam 24 Jam

Mencairnya es di Kutub Utara. (Foto: istimewa)
Mencairnya es di Kutub Utara. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Pemanasan global berdampak serius terhadap endapan es di Kutub Utara. Dilansir dari berbagai sumber, kini dalam 24 jam, 12,5 miliar ton es di Kutub Utara meleleh. 

Di Kutub Utara, Greenland merupakan salah satu kawasan penyimpan cadangan es terbesar. Kini, wilayah tersebut semakin panas dan makin banyak es yang mencair. 

 Para ahli meteorologi, klimatologi, dan geologi mengungkapkan kondisi Greenland saat ini. Menurut mereka, cairnya 12,5 miliar ton es di Greenland  itu dapat menutupi seluruh Florida, salah satu negara bagian Amerika Serikat, dengan ketinggian air lima inci.

 Para ahli juga mengungkapkan bahwa mencairnya 12,5 miliar ton es dalam 24 jam  itu adalah yang terbesar. Dan kejadian ini baru pertama terjadi sejak pengukuran awal dimulai pada tahun 1950. Gelombang panas yang terjadi di Eropa sejak Juli lalu  menjadi salah satu penyebabnya.

Gelombang panas itu kemudian bermigrasi ke Greenland dan memicu peningkatan suhu di sana.  Efeknya, gelombang panas yang cukup ekstrem terjadi di Eropa pada Juli lalu. Saat itu, kondisi paling ekstrem terjadi di Kota Paris.

Di Prancis, suhu menyentuh angka 109 Fahrenheit atau sekitar 42 derajat celcius. Tidak hanya itu. Menurut para ahli, gelombang panas seperti itu yang bermigrasi ke Greenland sehingga memicu peningkatan suhu di sana dengan rata-rata 30 derajat celcius. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->