Dewan Desak Agar Pemkot Batu Selesaikan Berkas PAPBD Sebelum Pelantikan

Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnama. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnama. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pada 30 Agustus mendatang 30 anggota DPRD Kota Batu periode 2019-2024 bakal melakukan ikrar sumpah janji. Karena itu dewan menginginkan agar Pemkot Batu segera menyelesaikan berkas Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) Kota Batu tahun 2019.

“Pemkot Batu harus segera menyelesaikan berkas data dalam PAPBD atau PAK tahun 2019 ini. Karena 30 Agustus besok akan digelar pelantikan anggota dewan yang baru,” ungkap Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo.

Ia menambahkan jika PAPBD atau PAK itu tidak segera dilaksanakan sebelum pelantikan ditakutkan molor. Apalagi nanti membutuhkan waktu yang kurang lebih satu bulan untuk membentuk alat kelengkapan DPRD.

Misalnya, jika pembentukan kelengkapan selesai bulan September atau Oktober, sehingga pada bulan November baru ditetapkan. Dengan demikian hanya ada waktu satu bulan, yakni bulan Desember untuk menyelesaikan PAPBD.

“Jika demikian otomatis ya gak bisa dilakukan PAK. Belum lagi, setelah PAPBD disahkan, nantinya di tingkat provinsi masih membutuhkan waktu sekitar 15 hari untuk pencarian,” imbuhnya.

Karena itu Cahyo mengingatkan agar Pemkot Batu serius dalam menyelesaikan berkas PAPBD sebelum 30 Agustus. Dengan segera diselesaikannya PAPBD, Pemkot Batu akan cukup leluasa menjalankan programnya dan serapan APBD bisa maksimal.

“Kan kalau tepat waktu yang direncanakan oleh tiap OPD atau Pemkot bisa tepat waktu. Jika tidak tepat waktu, maka akan menghasilkan SILPA yang lebih besar dari sebelumnya,” tambah politisi PDIP ini.

Sedang tahun 2018 silam,  jumlah SILPA Pemkot Batu sebanyak Rp 271 miliar. Angka tersebut naik 96,12 persen dibanding SILPA 2017 yang sebesar Rp 138 miliar.

Kemudian untuk PAD hingga bulan Juli lalu, diketahui mencapai 66,79 persen atau Rp 102,4 miliar dari target Rp 153,3 miliar. Sedangkan untuk serapan atau belanja daerah, mencapai 35,54 persen atau Rp 355,6 miliar dari target Rp 1 triliun.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->