Papan Nama Jalan di Kota Batu Bertabur Apel dan Stroberi, Bagaimana Keunikan Bentuknya?

Papan nama di Jalan Diponegoro, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Papan nama di Jalan Diponegoro, Kecamatan Batu, Kota Batu.

BATUTIMES - Jalan protokol di area pedestrian Kota Batu terlihat cukup cantik dan jelas penamaan jalannya. Hal ini karena ada papan nama ornamen baru unik khas Kota Batu.

Papan nama itu diberi ornamen buah-buahan dan sayur-sayuran sesuai dengan potensi pertanian yang ada di Kota Batu. Seperti halnya di Jalan Diponegoro, tiang berwarna emas danlatar belakang penamaan jalan berwarna hijau.

Sebagai hiasannya adalah buah apel dan stroberi berwarna merah. Hal ini juga sama seperti di Jalan Gajahmada, Jalan Imam Bonjol, Jalan Hasanudin, dan sebagainya.

Ternyata pemberian papan nama tematik baru itu dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu. Ada 39 titik yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu secara bertahap akan diberi papan baru itu.

“Pemasangan ini secara bertahap. Untuk tahap pertama tersebar di jalan protokol area Kecamatan Batu,” ungkap Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Batu, Hariadi.

Pada pemasangan tahap pertama di wilayah Kecamatan Batu itu sudah terpsang di 16 titik. Yakni di Jalan Dewi Sartika, Brantas, Gajah Mada, Patimura, Hasanudin, Diponegoro, Jalan Panglima Sudirman, dan sebagainya.

“Setelah di Kecamatan Batu selesai, selanjutnya di Kecamatan Junrejo dan Bumiaji,” imbuhnya.

Jumlah titik pemasangan papan nama jalan di Kecamatan Junrejo nantinya ada 12 titik. Kemudian disusul di Kecamatan Bumiaji sebanyak 11 titik. Dengan demikian totalnya ada 39 titik.

Pemasangan rencana dilakukan secara bertahap lantaran papan nama ini dibuat secara custom menyesuaikan ukuran dan lebar jalan. Sehingga membutuhkan proses cukup lama sekitar dua bulan dan tidak bersamaan.

Menurutnya, pemasangan papan nama jalan yang memiliki nilai seni tersebut akan menambah nilai estetika tata ruang kota. Melihat Kota Batu menjadi jujugan tempat wisata.

“Selain itu agar masyarakat lebih mengenal jalan di Kota Batu dan tertarik jika papan nama itu terlihat unik dan berbeda,” jelas Hariadi.

Sedang untuk 39 titik papan nama itu anggarannya Rp 195 juta. Untuk satu unitnya seharga Rp 5 juta.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->