Semester Pertama, Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Batu Meningkat 22 Persen

Kondisi mobil honda BRV saat dievakuasi di Ir Soekarno, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kondisi mobil honda BRV saat dievakuasi di Ir Soekarno, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Polres Batu mencatat terjadi peningkatan kecelakaan lalu lintas dengan persentase sebesar 22 persen pada 2019 jika dibanding 2018. Persentase tersebut dibandingkan dengan semester dua tahun 2018 dan semester pertama tahun 2019.

Pada 2018 semester kedua terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 117 kejadian. Sementara, tahun 2019 semester pertama ada 143 kejadian.

Wakapolres Batu, Kompol Zein Mawardi mengatakan, jumlah korban meninggal dunia tahun 2019 di semester pertama itu terjadi penurunan sebanyak 14 orang. Sedangkan di tahun 2018 sebanyak 17 orang pada semester dua.

“Meskipun terjadi kenaikan kecelakaan 22 persen. Ada peningkatan pelanggaran berlalu lintas yang cukup signifikan. Tapi angka meninggal dunianya mengalami penurunan,” kata Zein.

Sedangkan untuk angka kecelakaan pada tahun 2017 silam tercatat 234 kejadian dengan angka meninggal dunia 49 korban. 

Dibandingkan tahun 2018 ada 228 kejadian dengan angka meninggal dunia 29 korban. Sedangkan angka meninggal dunia berkurang 20 korban. “Perlu diperhatikan kecelakaan itu nomor 5 penyebab kematian di dunia,” imbuhnya.

Upaya yang dilakukan untuk menekan angka kecelakaan itu dengan digelarnya Operasi Patuh Semeru. “Operasi ini bertujuan mengurangi angka kecelakaan Kota Batu,” tambah Zein. Karena itu dia mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas selama berkendara.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->