Calon Pedagang Enggan Nempati, Akhir Tahun Pasar Wisata Dipasangi Rolling Door

Pasar desa wisata ini terletak di rest area  Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar desa wisata ini terletak di rest area Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Sempat mangkrak hingga dua tahun, yakni sejak tahun 2017 silam, Pemkot Batu berencana segera memasang rolling door Pasar Wisata Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Fasilitas rolling door itu sudah dimasukkan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2019.

“Untuk rolling door ini sudah kami masukkan di PAK. Dan PAK tahun ini sudah dok juga. Jadi, pasti akan dibangun akhir tahun ini,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu Eko Suhartono.

Ia menambahkan, alasan selama dua tahun pasar wisata itu mangkrak karena calon penjual di sana tidak ingin menempati pasar tersebut lantaran tidak ada rolling door.  Calon pedagang takut barang-barang jualan mereka akan hilang.

“Awalnya memang desainnya itu tidak ada rolling door. Memang terbuka seperti sekarang. Kemudian calon pedagang sendiri yang minta supaya ada rolling door sehingga mereka tidak dapat berjualan selama dua tahun lamanya,” imbuh Eko.

Pada pembangunan tahun 2017 silam, Pasar Wisata Sidomulyo memang dibangun dengan desain terbuka. Kios yang dibangun sejumlah 30 unit memiliki ukuran lebar 3 meter dan panjang 3 meter. Warna cat tembok pasar ini yakni peach, perpaduan hijau dan merah.

Lalu di dinding depan pasar ini ada lukisan-lukisan seperti bunga mawar dan sayur-sayuran. Sudah bagus memang, tetapi diminta oleh calon pedagang ntuk dipasangi rolling door agar lebih aman menyimpan dagangannya.

Hanya, kapan rolling door itu akan dipasang di pasar wisata itu masih  belum diketahui. “PAK ini masih dalam tahapan evaluasi. Jadi, kami masih  menunggu saat ini. Yang pasti tetap jadi tahun ini pemasangannya,” kata mantan kepala Dinas Perpustakaan ini.

“Kalau misalkan waktunya tinggal dua bulan! juga tidak masalah, karena masang rolling door itu tidak butuh waktu yang lama,” imbuh Eko.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->