Tiru Surabaya, DLH Ingin Bentuk Kota Malang jadi Kota Bersih karena Kesadaran Masyarakatnya

Kepala bidang (Kabid) Bina Kemitraan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Malang, Rahmat Hidayat (Hendra Saputra)
Kepala bidang (Kabid) Bina Kemitraan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Malang, Rahmat Hidayat (Hendra Saputra)

BATUTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus berupaya untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat kepada lingkungan.

Pemkot Malang ingin menycontoh kesuksesan Kota Surabaya. Saat ini, Kota Surabaya berubah menjadi lebih hijau, bersih, nyaman dan rapi. Padahal kota pahlawan itu dulunya sering disebut daerah yang panas dan terkesan kotor.

Menjadi kota besar dan disebut ibukotanya Jawa Timur, Kota Surabaya mampu menjawab kritikan publik dengan merubah wilayahnya menjadi sebuah daerah yang patut ditiru karena mampu menata masyarakatnya.

Kepala bidang (Kabid) Bina Kemitraan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Malang, Rahmat Hidayat mengungkapkan kesuksesan Kota Surabaya mengubah daerahnya menjadi bagus karena peran masyarakat yang ikut peduli dengan lingkungan.

"Kami dari dinas lingkungan hidup ini berupaya terus menerus untuk menumbuhkan rasa memiliki lingkungan dari masyarakat. Karena masyarakat sendiri yang langsung berhadapan dengan daerahnya," ujar Rahmat kepada MalangTIMES.

Lanjut Rahmat, jika masyarakat sudah memiliki rasa memiliki terhadap lingkungan, tentu tidak akan susah untuk membuat wilayah yang bersih, nyaman, hijau dan rapi.

"Kalau kampungnya sudah terbentuk pasti ada rasa memiliki dari masyarakat dan tentu pembentukan karakter untuk lingkungan akan mulai masuk ke masyarakat. Itu akan lebih mudah membuat daerah yang diinginkan," katanya.

Diterangkan Rahmat, jika mengandalkan pemerintahan tentu masyarakat akan kesulitan untuk menemukan hal yang diinginkan. Karena menurutnya OPD belum tentu memiliki dana lebih untuk secara instan membuat seluruh daerah di Kota Malang menjadi indah, bersih, nyaman dan rapi.

"Kalau mengandalkan pemerintah kan belum tentu ada dana, kadang ada kadang nipis. Tapi misal mereka merawatnya continue tentu tidak akan kesulitan lagi dan setiap tahun semakin bagus," jelasnya. 

Pewarta : Hendra Saputra
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->