Sudut Literasi, Media Mengajak Siswa Gemar Membaca di SDN 1 Percobaan Kota Malang

Beberapa siswa saat beraktivitas di Sudut Literasi di area taman SDN 1 Percobaan Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Beberapa siswa saat beraktivitas di Sudut Literasi di area taman SDN 1 Percobaan Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

BATUTIMES - Berbagai cara untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah kini semakin dilakukan dengan cara yang berbeda. Ruang baca yang lebih fresh dan tidak monoton, akan lebih disukai siswa sekolah untuk berlama-lama membaca.

Seperti di SDN 1 Percobaan Kota Malang ini. Untuk menarik perhatian siswa-siswi sekolahnya agar gemar membaca, pihak sekolah membuat 'Sudut Literasi'. Menariknya, hal itu dihadirkan di area halaman sekolah di sekitar taman.

Aktivitas dari para siswa terlihat di area Sudut Literasi. Mereka di jam istirahat tampak duduk mengambil buku bacaan dan menikmati bacaannya di area taman sekolah ini. 

"Sebetulnya ada juga di area dalam kelas, selain di taman. Kita namai Sudut Literasi, yang diisi dengan beragam buku-buku bacaan," ujar salah seorang guru di SDN 1 Percobaan, Devi Retno Palupi saat ditemui MalangTIMES, Jum'at (13/9).

Niat sekolah dalam membentuk Sudut Literasi ini memang sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan siswa siswinya gemar membaca. Karena, setiap siswa akan dengan gampang mencari bacaan buku yang diinginkan kapanpun siswanya ingin membaca.

"Jadi anak-anak bisa memanfaatkan waktu luangnya. Saat jam istirahat mereka bisa membaca, baik di kelas, maupun di taman. Lalu ketika menunggu jemputan misalnya, bisa sambil baca-baca juga," imbuh dia.

Dengan adanya Sudut Literasi ini, pihak sekolah ingin menumbuhkan semangat belajar dan membaca siswa siswinya agar meningkat lebih tinggi. Terlebih instruksi tersebut juga telah diminta oleh pemerintah pusat. 

"Karena gemar membaca ini juga telah diinstruksikan, dan kita ingin siswa-siswi di sekolah ini menjadi generasi yang gemar baca," pungkas dia.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->