Rawan Bencana, Mahasiswa KKN Unisba Blitar Gelar Sosialisasi Bencana Gempa di Desa Semen

Sosialisasi bencana gempa dan tindak kriminal sukses digelar mahasiswa KKN Unisba di Desa Semen
Sosialisasi bencana gempa dan tindak kriminal sukses digelar mahasiswa KKN Unisba di Desa Semen

BATUTIMES - Membekali SDM masyarakat di daerah rawan bencana, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kelompok Desa Semen gelar sosialisasi bencana gempa terkait bangunan dan tindakan kriminal, Jumat (13/9/2019), di pendopo Kantor Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok Desa Semen, Pandu Kusuma, mengatakan diharapkan dengan kegiatan ini nanti, masyarakat yang berada di wilayah Desa Semen bisa mengantisipasi saat  terjadi bencana. Sebagaimana diketahui, sebagai desa yang berada di lereng Gunung Kelud dan Gunung Kawi, Desa Semen masuk daerah rawan bencana seperti gunung meletus, gempa, banjir lahar dingin dan longsor.

Sementara terkait sosialisasi tindakan kriminal, penting untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah pedesaan khususnya saat terjadi bencana alam.

Menurutnya kegiatan Sosialisasi Bencana Gempa Terkait Bangunan dan Tindakan Kriminal sangatlah penting. Khususnya bagi warga dalam mengetahui perihal pentingnya kekuatan bangunan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan pentingnya hukuman bagi pelaku kriminalitas saat terjadi bencana alam.

Dalam paparannya, Dosen Polinema Achendri M Kurniawan, menyampaikan dengan kondisi bangunan yang ada di Desa Semen yang masih menggunakan model fondasi spiral, maka perlu dirancang struktur bangunan yang tangguh bencana mulai dari perancangan fondasi hingga perencanaan tata ruang yang efisien.

“Perencanaan tata ruang yang efisien diperlukan agar bangunan menjadi lebih kuat terhadap guncangan gempa bumi yang muncul di Kecamatan Gandusari, khususnya di Desa Semen,” bebernya.

Sementara itu pemateri kedua, Moh.Alfariz , Dosen Unisba Blitar dan Anggota Muhammadiyah Disaster Management Center [MDMC] Blitar, mengatakan dalam kondisi saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, warga akan dihadapkan dengan keadaan panik yang mengakibatkan timbulnya kriminalitas di lokasi bencana seperti pencurian dan penjarahan.

“Hari ini warga diberikan pengetahuan tentang bagaimana hukuman bagi pelaku-pelaku kriminalitas yang melakukan tindakan tersebut di saat terjadi bencana alam, misalnya gempa bumi,” lanjutnya.

Sosialisasi ini disambut antusias oleh warga Desa Semen. Ketua Karang Taruna Desa Semen, Joko S menandaskan pihaknya sangat mengapresiasi kepada mahasiswa KKN Unisba Blitar atas digelarnya sosialisasi siaga bencana gempa dan tindak kriminal.

“Acara sosialisasi ini sangat membantu warga Desa Semen, terutama terkait penanggulangan terjadinya bencana alam dan tindakan yang perlu dilakukan dalam mencegah terjadinya kriminalitas pada saat terjadi bencana alam,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->