Akhiri Jabatan, Kapolres Batu Budi Hermanto Gagas Pembayaran Denda Tilang dan Pajak Motor Gunakan Sampah

Gunungan sampah di TPA Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES
Gunungan sampah di TPA Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES

BATUTIMES - Kota Batu memproduksi sampah hingga 60 ton perhari  di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.. Namun jumlah itu, meningkat menjadi 70-80 ton per hari  pada saat akhir pekan.

Melihat hal ini, di akhir masa jabatan Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto memberikan wacana untuk memecahkan persoalan sampah. 

Wacana solusi yang diberikan kepada Pemkot Batu itu adalah pembayaran denda tilang dan pajak motor menggunakan sampah. Hal ini untuk mensukseskan Kota Batu tahun 2020 bebas dari sampah. “Wacana pembayaran denda tilang dan pajak motor menggunakan sampah akan segera kami luncurkan, untuk saat ini sedang kami godok,” ungkap Buher sapaan akrab Budi Hermanto.

Inovasi program baru itu dihadirkan untuk mendorong masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan. Jika wacana tersebut diluncurkan, tentunya masyarakat akan berpikir betapa pentingnya sampah itu. “Semoga regulasi ini bisa ditetapkan segera. Karena lebih cepat akan lebih baik, karena urusan sampah ini bukan hal mudah,” imbuhnya. 

Pembahasan wacana ini lanjut Buher, rencananya diseriusi dengan pertemuan yang bakal dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. Pembahasan yang dilakukan membahas program pembayaran denda dengan sampah ini. 

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan, wacana Kapolres Batu merupakan inovasi yang bagus untuk mewujudkan Kota Batu bebas sampah tahun 2020. “Kami mendukung inovasi yang inovatif ini. Kalau bisa memang harus segera ditindaklanjuti,” ucap Punjul. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->