Angka Perceraian dan Pernikahan Dini Tinggi di Kota Batu, Ini Upaya Kemenag dan Pemkot

Anggie-El Uja bersama keluarga bersiap menerbangkan balon ke langit di Masjid Putih, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Anggie-El Uja bersama keluarga bersiap menerbangkan balon ke langit di Masjid Putih, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Perceraian dan pernikahan dini saat ini bukanlah hal yang asing lagi di masyarakat. Untuk menekan angka perceraian dan pernikahan dini di Kota Batu yang tinggi, Kementerian Agama Kota Batu dan Pemkot Batu berupaya memberikan pembinaan bagi keluarga sakinah di gedung pertemuan Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Selasa (17/9/2019).

Pembinaan itu diberikan kepada 125 pasang calon pengantin (catin) di Kota Batu. Materi yang diberikan itu seperti ilmu dasar tentang pentingnya membentuk keluarga yang sehat dan kuat.

“Seperti halnya yang telah dilakukan oleh umat Katolik yang memberikan pembinaan satu tahun sebelum pasangan pengantin menikah,” kata Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Sosial Kota Batu Ismail Abdul Gani.

Ia menambahkan, angka perceraian dan nikah dini di Kota Batu tergolong tinggi. Dari data Kemenag Kota Batu, ada 300 kasus perceraian dan 300 penikahan dini terjadi dari jumlah 1.678 perkawinan pada  tahun 2018.

“Melihat dari faktor bermula dari anak-anak remaja yang belum siap untuk nikah lantaran sudah hamil dulu, yang latar belakangnya mereka tidak paham arti keluarga. Dari situlah terjadi sebuah perceraian,” imbuhnya.

“Jumlah itu tergolong tinggi, sehingga ini menjadi perhatian dari Pemkot Batu. Perhatian yang diberikan itu dengan menggelar pembinaan seperti ini,” tambah Ismail.

Menurut dia, digelarnya kegiatan ini merupakan salah satu upaya menekan angka perceraian dan pernikahaan dini. Dan calon pengantin bisa menjadi pasangan sakinah.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->