Pecinta Film Protes Pemerintah: Jangan Blokir "The Only One" Hiburan Kita

Ilustrasi situs film (Ist)
Ilustrasi situs film (Ist)

BATUTIMES - Bagi para pecinta film, keberadaan berbagai situs streaming gratis di dunia maya adalah surga. Apalagi bagi mereka yang memang tak bisa secara langsung menonton berbagai film favoritnya karena  ketiadaan bioskop.

Ceruk kosong inilah yang dimanfaatkan benar oleh mereka yang bergelut di dunia maya dan menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai ragam film. Tentunya secara gratis dan hanya mengandalkan paket data internet atau numpang wifi.

Maka, lahirnya berbagai situs film yang sangat familiar di dunia maya. Lepas dari pro dan kontranya, berbagai web seperti indowebster, indoxxi, atau Lk21, menjadi jujugan masyarakat untuk bisa menikmati film kesukaannya.

Sayangnya, berkali-kali juga pemerintah memblokir berbagai surga para pecinta film ini. Seperti yang sering terjadi dengan indoxxi yang domainnya kerap tak bisa diakses oleh masyarakat serta membuat para adminnya berkali-kali pindah domain.

"Tolong sih bapa pemerintah, jangan block the only one hiburan kita. Kalo kita para dc, marvel, hollywood, bollywood, indo, kdrama, gOt bersatu bisa makin serem dr mahasiswa," tulis @Febrii_Rahma atas kondisi yang membuatnya jengkel itu.

Ragam komentar warganet pun mempertanyakan "kelakuan" pemerintah yang membuat mereka menjadi kesulitan untuk mengakses situs film gratis nan lengkap itu.

@tm_haris pun mencuitkan rasa gerahnya, "Kam**** memang Menkominfo, kurang kerjaan sekali," tulisnya yang mengundang pernyataan lainnya dari @hampir7000 yang mengatakan, "Emang kerjaan mereka, biar ga ada pembajakan film dsb. Tp w gamau munafik  kadang2 kalo ada wifi apa gabut mash suka nntn situ."

@tm_haris menjawab, "Nyatanya pembajak film kan slalu tau jalan keluarnya, ngabis2in energi aja. Harusnya menkominfo sadar kalo gak semua orang bisa nonton bioskop, gak smua kota ada bioskop."

Bahkan, seorang warganet membuat sebuah grafik sederhana terkait kontribusi antara admin situs web film gratis dengan pemerintah. @rezaraihandhany membuat sebuah balok bertumpuk empat untuk admin situs film dan satu strip untuk pemerintah.

Ketidaksukaan warganet pecinta film gratis di dunia maya ini ditabalkan oleh @maimuna30148967.  "Gw donk dr kemaren ga bs buka bioskop keren.. ulah sapa sih ni?? Ganggu kebahagiaan rakyat aja," cuitnya yang menyikapi pemblokiran pemerintah kepada situs film gratis yang bisa sampai tiga kali dalam seminggu sehingga akhirnya domain berganti-ganti.

Pemblokiran sebuah situs oleh pemerintah dimungkinkan karena beberapa hal. Misalnya, beberapa situs atau web yang dinilai terindikasi memuat konten yang bersentimen suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) hingga terindikasi phising dan malware. Selain itu, dikarenakan situs tersebut, menurut laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, melanggar hak cipta, pembajakan film, dan melindungi para kreator perfilm-an.

Hal itulah yang membuat pemerintah melakukan berbagai blokir dan mengarahkannya ke internet positif. Namun, warganet pun memiliki alasan atas kebutuhannya dalam mendapatkan akses hiburan. Seperti yang disampaikan @resthir.  "Ya gimna g ada pembajakan orang akses internet di beberapa daerah terpencil di indo aja dibatesin. Otomatis operator yg support netflix exclude telkomsel ga bisa masuk, indoxxi jadi solusi," cuitnya.

 

Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->