Dikebut, Dewan Optimis APBD 2020 Disahkan Awal November

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (R-APBD) 2020 Kota Malang dikebut. Lantaran, pembahasan tersebut harus sudah disahkan sebelum akhir November 2019 mendatang.

Bahkan, DPRD Kota Malang optimis R-APBD 2020 bakal disahkan menjadi APBD 2020 di awal November 2019. Karenanya, semua tahapan-tahapan terus dilakukan untuk mencapai target itu.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan saat ini fokus utama DPRD Kota Malang memang dalam pengesahan R-APBD 2020 menjadi APBD 2020. Karena, jika tidak segera disahkan dan keluar dari target maka pemerintah daerah terpaksa memakai APBD tahun sebelumnya.

"Kita menggarap R-APBD menjadi APBD, nah sekarang kalai boleh dikatakan kita sudah diangka 60 persen lah. Kita juga ingin ini segera, karena masih ada empat Ranperda yang menunggu untuk dibahas," ujar dia.

Saat ini, lanjut dia anggota DPRD Kota Malang tengah melakukan proses hearing dengan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Pihaknya menargetkan, tanggal 4 November mendatang APBD 2020 sudah disahkan.

"Setelah hearing itu, tahapan berikutnya dengan menggelar rapat antara Badan Penggaran (Banggar) dan Tim Penggaran (Timgar), untuk membantu kami menyelesaikan R-APBD sebelum disahkan menjadi APBD. Kita optimis target 4 November itu disahkan," imbuhnya.

Target tersebut bisa dikatakan cukup cepat, mengingat deadline penyelesaian batasnya di akhir bulan November. Namun, pria asal Bali ini menjelaskan jika semua yang dikerjakan sudah sesuai dengan standart operasional prosedur (SOP) dan tidak terburu-buru. Bahkan, demi tercapainya target itu agenda kunjungan DPRD Kota Malang ditiadakan untuk sementara waktu.

"Nggak diburu-buru, ini semua SOP nya sudah ada untuk pembahasan APBD. Kita nggak ngawur kok. Sementara ini juga agenda terkait kunjungan kita tiadakan, kecuali yang sangat penting sekali," pungkasnya.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->