DLH Kota Malang Genjot RW 07 Kelurahan Tlogomas Raih Gelar Puncak Program Kampung Iklim

Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Arif Tri Sastyawan S.STP, M.Si (Hendra Saputra)
Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Arif Tri Sastyawan S.STP, M.Si (Hendra Saputra)

BATUTIMES - RW 07 Kelurahan Tlogomas yang telah mendapatkan gelar Program Kampung Iklim (ProKlim) tingkat utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yakni akan dikembangkan ke tingkat lebih tinggi. Yakni ke tingkat lestari atau setingkat di atas utama oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ke tingkat lestari atau setingkat di atas utama.

Program Kampung Iklim (ProKlim) sendiri adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK. Program itu dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Selain itu juga untuk memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang ProKlim. Di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim.

Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

"ProKlim itu program dari Kementerian Lingkungan Hidup, kalau di provinsi namanya Kampung berseri dan di Kota Malang sendiri namanya kampung bersinar. Intinya sama yaitu membuat suatu terobosan untuk kampung atau RW agar pro iklim," ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Arif Tri Sastyawan S.STP, M.Si kepada MalangTIMES.

Saat itu, yang mendapatkan gelar proKlim dari Jawa Timur hanya tiga, yakni dari Kota Malang, Kota Blitar dan Kabupaten Probolinggo. "Tingkatnya masih utama sebenarnya, tapi target saya dua tahun ke depan harus menjadi proKlim lestari. Itu suatu gelar di atas proKlim utama. Tapi syaratnya di dua tahun ini harus membina 10 tempat lain di Kota Malang, bisa RW atau kelurahan," ungkapnya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan RW 07 Tlogomas, saya tantang mereka bisa tidak membina 10 wilayah lain dalam dua tahun ini. Dan mereka mengatakan sanggup selesai dalam satu tahun," imbuh Arif.

Dengan adanya prestasi yang didapat oleh RW 07 Kelurahan Tlogomas, Arif berharap ke depan lingkup kampung atau daerah di Kota Malang bisa menimba ilmu di RW 07 Kelurahan Tlogomas. "Harapan kami ke depan, wilayah lain di Kota Malang tidak perlu jauh-jauh untuk belajar, ke RW 07 Tlogomas saja itu menurut saya sudah sangat layak," pungkasnya.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->