Banyak Kampung Sadar Lingkungan, DLH Ingin Inovasi Selain Penghijauan

Kampung daerah Kelurahan Tlogomas saat dikunjungi tim penilaian dari lomba Kampung Bersinar (Hendra Saputra)
Kampung daerah Kelurahan Tlogomas saat dikunjungi tim penilaian dari lomba Kampung Bersinar (Hendra Saputra)

BATUTIMES - Banyak kampung di Kota Malang yang semakin sadar akan lingkungan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menginginkan kampung-kampung lebih berinovasi dalam penerapan pengelolaan lingkungan. "Selama ini yang kurang dari kampung hanya inovasi, kalau masalah penghijauan itu sudah bagus yang dilakukan kampung-kampung di Kota Malang," ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Arif Tri Sastyawan S.STP, M.Si kepada MalangTIMES.

Inovasi yang diharapkan dalam hal ini adalah selain penghijauan. Karena penghijauan saat ini sudah dilakukan oleh beberapa kampung yang mulai sadar lingkungan. "Memang harapannya ke depan semua wilayah bisa berinovasi selain penghijauan, karena hal itu akan menjadi nilai lebih ketika mengikuti semacam lomba," katanya.

"Jadi ketika ada lomba atau penilaian lagi, mana nih Kota Malang yang akan diunggulkan, kami tinggal bertanya siapa yang siap," imbuhnya.

Saat ini, Arif mencontohkan di SD Insan Amanah juga sedang mengeluarkan inovasi yaitu Solar Cell. Dan hal itu membuat Arif sangat bangga karena bisa menjadi contoh bagi kampung yang ada di Kota Malang.

"Saat ini kami terus terjun langsung kepada masyarakat agar bisa membantu program pemerintah yaitu mengurangi gas rumah kaca. Selain itu, jika memang memungkinkan bisa berinovasi dengan solar cell tentu akan sangat bagus karena tidak perlu repot lagi untuk menggunakan listrik," pungkasnya.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->