Paling Diburu di Pasaran, Sehari Perumda Tirta Kanjuruhan Produksi Ribuan Karton Cup Air Minum

Produk air minum Tirta Kanjuruhan yang dijual dalam kemasan cup (Foto : Istimewa)
Produk air minum Tirta Kanjuruhan yang dijual dalam kemasan cup (Foto : Istimewa)

BATUTIMES - Tidak bisa dipungkiri, penjualan air mineral siap konsumsi yang disajikan dalam bentuk cup (gelas) memang paling laris terjual di pasaran. Hal ini terbukti dari data penjualan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Tirta Kanjuruhan.

Berdasarkan catatan penjualan yang dihimpun Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, dalam sehari perusahaan yang berlokasi di wilayah Kebonagung, Kecamatan Pakisaji ini harus menyediakan belasan ribu karton berisi cup air minum guna memenuhi permintaan konsumen.

”Dalam sehari mesin produksi kami mampu memproduksi sekitar 1.200 karton berisi air minum Tirta Kanjuruhan dalam varian cup,” terang Dirut (Direktur Utama) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi.

Pihaknya menjelaskan, dalam satu karton berisi 48 cup air minum, di setiap satu cup-nya memiliki kandungan 240 ml (mili liter). Sedangkan dari segi harga, Perumda Tirta Kanjuruhan selaku instansi yang mengelola AMDK Tirta Kanjuruhan membanderolnya dengan harga Rp 18.500.

”Meski relatif lebih murah, namun harga yang kami banderol tersebut tidak terpaut terlalu jauh dengan produk terkenal yang dijual dipasaran,” ungkap pria yang akrab disapa Syamsul ini.

Harga yang bersaing itu, lanjut Syamsul, disesuaikan dengan kualitas yang dimiliki oleh produk Tirta Kanjuruhan. Sebab selain mengantongi standarisasi produk yakni ketentuan SNI (Standar Nasional Indonesia), memiliki izin edar pangan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), serta memenuhi sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Kualitas yang ada dalam produk Tirta Kanjuruhan juga terbilang jauh dari kata standar.

Misalnya dari segi TDS (Total Dissolve Solid), air minum Tirta Kanjuruhan memiliki kandungan TDS di kisaran antara 50 hingga 70 PPM. Padahal standar yang ditentukan yakni dibawah 500 ppm (part per million). Perlu diketahui, semakin kecil kandungan TDS yang terdapat dalam produk air mineral, maka kualitas air minum tersebut semakin baik.

Tidak hanya itu saja, dari segi kandungan pH (indikator tingkat asam atau basa pada air). Produk Tirta Kanjuruhan juga terbilang lebih unggul jika dibandingkan dengan produk lain yang dijual di pasaran.

Dari standart kandungan pH air minum yang dipatok harus berada dalam kisaran antara 6 hingga 8,5. Produk air minum Tirta Kanjuruhan berada diatas batas minimum, yakni dikisaran antara 7 hingga 7,5 dari segi kandungan pH-nya. ”Meski harganya hanya selisih sedikit dengan produk lain yang lebih dulu beredar, namun kualitas di dalam produk air minum Tirta Kanjuruhan pada varian cup ini, terbilang lebih bagus dari produk lainnya,” pungkas Syamsul.

Pewarta : Ashaq Lupito
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->