Soal APK, Panwas Siap Panggil KPU dan Pemenang Lelang

Panwas Kabupaten Malang, H Abdul Fatah
Panwas Kabupaten Malang, H Abdul Fatah

MALANGTIMES - Panwas Kabupaten Malang siap memanggil pihak KPU dan pemenang lelang yang menangani Alat Peraga Kampanye (APK). Pemanggilan itu berdasarkan laporan pasangan calon (Paslon) kepada KPU, bahwa APK yang dipasang banyak yang roboh tidak menguntungkan bagi pasangan calon.

"APK paslon banyak yang roboh. Hal itu diadukan KPU oleh Paslon. Dengan adanya persoalan itu, Panwas akan bergerak cepat untuk memanggil pihak KPU dan pemenang lelang. Apakah yang dilakukan pemenang lelang itu sudah sesuai dengan apa yang tetapkan yang dikeluarkan KPU," tegas anggota Panwas Kabupaten Malang, H Abdul Fatah, kepada MALANGTIMES,(Times Indonesia Netwprk) Selasa (8/9/2115). 

Menurut Fatah, Panwas perlu memanggil pemenang lelah dan KPU, tujuannya untuk memastikan apakah yang dilakukan pemenang lelang sudah sesuai dengan yang ditetapkan oleh KPU. "Namun, Panwas terlebih dahulu akan melakukan kajian apakah yang dilakukan pemenang lelang sudah sesuai prosedur," katanya.

Jika nantinya ditemukan sebuah pelanggaran tegas pria yang juga berprofesi sebagai advokat itu, Panwas akan merekomendasikan kepada lembaga berwenang, terkait temuan pelanggaran tersebut. "Jika tidak sesuai bisa masuk kategori dugaan korupsi. Karena pembuatan APK itu dibiayai oleh negara," katanya.

Adapun proses pemanggilan katanya, akan dilakukan setelah adanya serah terima APK oleh pemenang lelang dan KPU. Jika serah terima belum dilakukan, temuan Panwas terkait pelanggaran itu belum memiliki legalitas. "Bisa saja APK yang dipasang itu masih sebatas ujicoba. "Makanya kita menunggu serah terima dulu," kata pria kelahiran Kabupaten Sampang itu.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Malang akan segera melakukan serah terima bahan kampanye kepada tim sukses pasangan calon pada 10 September 2015 mendatang. Bahan kampanye yang akan diserahkan berupa brosur, flyer, dan poster yang jumlahnya sama untuk tiap-tiap pasangan calon.

"Nanti kita akan adakan proses serah terima, saat ini masih kami hitung secara detail dan tersimpan di Gudang KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko. (*)

Pewarta : Faishal Hilmy Maulida
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->