Ada Tiga Tahap Mempercepat Siswa Membaca dan Memahami Bacaan

Pelatih guru sekolah dasar, Mukhsan Hudi. (Foto: Tania/Malangtimes)
Pelatih guru sekolah dasar, Mukhsan Hudi. (Foto: Tania/Malangtimes)

MALANGTIMES - Dalam pelatihan yang diberikan oleh USAID PRIORITAS, para mentor memberikan tiga tahap agar siswa mampu secara cepat memahami inti bacaan.

Pelatih guru sekolah dasar bagian kelas awal (kelas 1, 2 dan 3) Mukhsan Hudi menjelaskan, ada tiga tahap membantu anak dalam membaca dan memahami. Yakni tahap membaca bersama, membaca terbimbing dan membaca mandiri. 

"Tahap membaca bersama yakni, para siswa didampingi guru akan diajak untuk membaca suatu cerita secara bersama-sama dan menjelaskan makna bacaan tersebut. Setelah itu guru akan memprediksi dan mengelompokan siswa sesuai kemampuannya," jelas San.

Siswa yang kemampuannya kurang akan terus dilatih, sedangkan siswa yang sudah bisa membaca akan naik pada tahap membaca terbimbing. Dimana guru mencontohkan suatu bacaan sampai selesai lalu siswa mengulangnya kembali. 

Setelah tahap membaca terbimbing, siswa akan naik pada tahap membaca mandiri. Guru akan memberikan bacaan tanpa memberikan contoh dan siswa harus membaca dan menjelaskan maknanya. 

"Tiga tahap ini sudah diuji coba dan 70 persen siswa dalam satu kelas dapat dengan cepat belajar dan memahami bacaan," kata San. (*)

Pewarta : Tristania Dyah
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->