Libatkan Anak Kecil Saat Kampanye Panwas Nilai Bukan Pelanggaran

Kampanye pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi. (Foto: Istimewa)
Kampanye pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Panwas Kabupaten Malang menilai tidak termasuk pelanggaran kampanye jika ada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang melibatkan dan diikuti oleh anak kecil. Misalnya, apa yang terjadi pada pasangan Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi, yang menggendong anak dan berfoto bersama dengan anak kecil saat blusukan.

"Kita sudah melakukan kajian, jika ada pasangan calon yang melibatkan anak kecil saat melakukan kampanye, maka tidak termasuk pelanggaran. Karena tidak ada aturan jelas yang melarangnya, " jelas anggota Panwas Kabupaten Malang, George Da Silva, kepada MALANGTIMES, Rabu (10/9/2015).

Diketahui, Calon Bupati Malang, yang diusung dari PDI Perjuangan, Dewanti berpose dengan anak-anak saat kampanye. Hal itu diunggah di akun twitter @malanganyar dan foto yang ditampilkan di media lokal Malang. Dewansi diketahui menggendong seorang bayi saat menyapa warga yang ditemuinya saat blusukan.

Apa yang dilakukan Dewanti tegas Da Silva, tidak melanggar UU Nomor 8 tahun 2015 tentang Kampanye dan Peraturan KPU nomor 7 tahun 2015 tentang Kampanye. "Dalam aturan itu, tidak ada yang menyatakan anak-anak dilarang ikut kampanye. Tapi adanya cuma orang dewasa alias pemilih (umur 17 tahun atau yang sudah nikah. Kalau sudah nikah itu sudah dewasa," katanya.

Da Silva mengumpakan, di saat ada kampanye, diisini dengan dangdutan, ada musik band, lalu anak-anak diketahui hadir bahkan ikut joget, hal itu dinilai tidak melanggar aturan. Karena tidak ada aturan detail dalam UU. "Namun, yang penting pemilih dan peserta kampanye harus berumur 17 tahun. Intinya, pelibatan anak-anak itu tidak ada masalah," tegasnya. (*)

Pewarta : Faishal Hilmy Maulida
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->