Hari Sumpah Pemuda

Mahasiswa dan Warga Kalbar di Malang Persoalkan Bencana Asap

Aksi memperingati Sumpah Pemuda dengan berpakaian adat di simpang tiga Jalan S Supriyadi, Sukun, Kota Malang
Aksi memperingati Sumpah Pemuda dengan berpakaian adat di simpang tiga Jalan S Supriyadi, Sukun, Kota Malang

BATUTIMES - Peringatan Sumpah Pemuda dalam bentuk aksi penggalangan dana untuk masker, dilakukan mahasiswa dan warga asal Kalimantan Barat (Kalbar) yang tinggal di Kota Malang. 

Selain membantu korban bencana asap, aksi ini mengingatkan bahwa wilayah lain di Kalimantan turut terdampak akibat pembakaran hutan.

Andri Wanto, salah satu perwakilan aksi menuturkan, dampak bencana asap yang terjadi sampai ke wilayah Kalbar. 

"Hampir 25 persen sekolah diliburkan. Kegiatan perekonomian masyarakat terganggu akibat jarak pandang yang tidak normal akibat asap," ujarnya kepada MALANGTIMES usai aksi, Rabu (28/10/2015).

Terkait penanganan bencana asap, Andri menilai, pemerintah pusat dan daerah sangat lamban. "Dilihat dari dua bulan terakhir ini, bukannya membaik malah (asap) semakin pekat," ujar alumni Jurusan Ekonomi, Universitas Kanjuruhan Malang ini.

Mewakili peserta aksi, Andri mengimbau kepada pemerintah daerah yang mengeluarkan peraturan, baik gubernur maupun wali kota, untuk segera mencabut perizinan pembukaan lahan.

"Kami mengendus adanya faktor kesengajaan yang dilakukan beberapa perusahaan besar untuk mencuri lahan warga setempat," ucap Andri serius.

Dia menuturkan, asap yang terjadi bukan semata-mata akibat pembakaran lahan ladang berpindah oleh petani. "Pembakaran lahan ladang berpindah telah dilakukan puluhan tahun oleh nenek moyang kami dulu," tambah pria asal Sekadau, Kalbar ini.

Pembakaran lahan yang dilakukan generasi terdahulu, dilakukan dengan bergotong royong, dan mendapat pengawalan ketat oleh kelompok warga. "Memastikan api mati sebelum meninggalkan lahan," pungkasnya.‎ (*)

Pewarta : Ferry Agusta Satrio
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->