Wow! Di Kota Batu Ternyata Banyak Peninggalan Sejarah

Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

BATUTIMES - Kota Wisata Batu memiliki banyak situs sejarah, hal itu terlihat dari banyak bangunan tua peninggalan belanda pada abad 19.

Bangunan tersebut bermacam-macam, dari bangunan tempat ibadah, tempat perisitirahatan, juga tempat pendidikan.

Seperti di jalan Panglima Sudirman terdapat Kesusteran Sang Timur, Hotel Kartika yang juga merupakan peninggalan belanda, juga seperti di jalan Trunojoyo yang terdapat gereja jago yang berdiri kokoh.

Dari catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batu, terdapat kurang lebih ratusan bangunan peninggalan belanda yang bersejarah, namun beberapa bangunan sudah banyak berubah karena seiring perkembangan pembangunan dan status tanah kepemilikan.
Tak hanya itu, peninggalan bersejarah yang cukup unik lagi adalah makam Dinger yang terletak di Dusun Wonorjo Desa Tulungrejo.

Makan tersebut merupakan makan keluarga Dinger yang merupakan keluarga pemilik perkebunan terbesar diwilayah Desa Tulungrejo hingga Desa Sumber Brantas pada tahun 1917. Makan tersebut berada di atas tanah yang disimpan dalam bentuk bangunan.

Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Disparbud Kota Batu, Winarto mengatakan jika pihaknya akan berupaya untuk melestarikan peninggalan belanda yang bersejarah tersebut.
"Kami daftarkan, agar menjadi cagar budaya," ujarnya kepada BATUTIMES. Kamis, (27/11/2015)
Hal itu dilakukan selain untuk melestarikan kebudayaan juga menggali potensi wisata budaya untuk Kota Batu. (*)

Pewarta : Muhammad Agus Salim
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->