Pesanan Gamelan Menurun, Tertolong Alat Pertanian

Perajin sedang membuat gamelan dan alat pertanian di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Perajin sedang membuat gamelan dan alat pertanian di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU – Alat kesenian dan alat pertanian dari Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo masih dipercaya kualitasnya oleh petani dan penggiat kesenian (seniman) Malang Raya. Bila beberapa tahun lalu sempat punya pelanggan hingga luar negeri, kini lebih fokus melayani pesanan dari Malang Raya.

"Sekarang sudah jarang pesanan dari luar negeri. Sekarang kebanyakan dari Malang Raya saja,” jelas Munaji, seorang pande besi dari Dusun Junwatu Desa Junrejo Kecamatan Junrejo.

Menurut Munaji, pada tahun 2000 hingga 2007, masih banyak wisatawan asing dari Belanda dan Jerman melirik perlengkapan gamelan buatannya. Tetapi kini seniman luar negeri sudah tidak lagi memesan.

Yang masih setia menggunakan perabot dan gamelan buatannya adalah penggiat seni di Malang Raya. Itu pun ia sering kali kewalahan menerima pesanan.

Bagi Munaji dan pande besi lainnya, membuat perlengkapan pertanian ternyata lebih menguntungkan dan pendapatannya stabil dibanding membuat alat kesenian. Sehingga secara ekonomi dan bisnis, membuat alat pertaian lebih menjanjikan.

Dalam satu bulan, ia dan rekan-rekannya memproduksi cangkul, sabit dan sekop dengan jumlah masing-masing hingga 60 unit.

Sedangkan dalam satu bulan,  misalnya September-Oktober 2016 ini, ia hanya membuat empat unit yang terdiri dari saron, kenong, kempul dan gong.

Kebanyakan pemesan adalah para seniman jaranan, campur sari hingga karawitan. Untuk pembuatannya alat gamelan itu selama 20 hari hingga satu bulan lamanya.

"Untungnya kami masih membuat alat pertanian. Terbukti pesanan tidak pernah sepi meski pesanan alat musik menurun,” kata Munaji

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Angga Lanuma
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->