Jalan di Kampung Ekologi Temas Dilapisi Batu Alam

Pekerja sedang memasang batu alam jenis cobalt di jalanan Kampung Ekologi Temas Kota Batu, Senin (14/3/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pekerja sedang memasang batu alam jenis cobalt di jalanan Kampung Ekologi Temas Kota Batu, Senin (14/3/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - Kampung Ekologi Kelurahan Temas Kota Batu bakal makin indah karena fasilitas infrastruktur jalan yang menggunakan bahan batu alam jenis kobalt.

Berbeda dengan paving, batu alam ini memiliki keunggulan bisa bertahan hingga ratusan tahun. Selain itu, batu kobalt yang ditata rapi mampu menahan beban hingga 50 ton.

Batu alam yang didatangkan langsung dari Cirebon Jawa Barat ini memiliki ukuran panjang dan lebar sepuluh centimeter. Saat ini batu alam tersebut dipasang di jalan sepanjang 120 meter dengan lebar tiga meter.

Pemasangan batu alam itu sudah berjalan sejak dua minggu yang lalu. Rencananya dua minggu mendatang selesai. Wisatawan yang ingin berwisata di Kampung Ekologi Temas bisa merasakan fasilitas yang nyaman.

”Memasang batu kobalt ini cukup lama karena bentuknya yang kecil. Kami menurunkan 10 pekerja. Supaya selesai dengan tepat waktu dan bisa segera dinikmati wisatawan maupun masyarakat sekitar,” kata Pandri, penanggung jawab pembangunan kepada BatuTIMES, Senin (13/3/2017).

Pemasangan batu kobalt untuk jalan ini merupakan gebrakan baru dan perhatian khusus Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu. Dan Kampung Ekologi Temas menjadi tempat pertama yang menggunakan batu kobalt.

”Ini perhatian kami untuk masyarakat supaya jalannya awet, selain itu karena banyak desa yang mulai merintis punya tempat wisata. Apalagi batu ini cukup ramah lingkungan," ungkap Arief As Siddiq, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu kepada BatuTIMES.

Pembangunan tahap awal, lanjut Arief, mengeluarkan dana sebesar Rp 200 juta. Pembangunan serupa nantinya juga dilakukan di desa lainnya.

"Sekarang di Kampung Ekologi Temas dulu, lalu nanti akan dibangun juga di desa kelurahan lainnya," imbuhnya. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->