Pemkot Bangun Food Court Ganesha untuk Tampung PKL Alun-Alun

Pekerja tengah mempersiapkan fondasi food court Ganesha Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pekerja tengah mempersiapkan fondasi food court Ganesha Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

KOTA BATU - Pemerintah Kota Batu kembali menawarkan satu cara lagi mengatasi pedagang kaki lima (PKL) yang teus saja memenuhi area seputar Alun-Alun Kota Batu. Pemkot pun memberikan ruang khusus yakni pasar penampung PKL atau food court Ganesha.

Letaknya berada di depan Gedung Olahraha Ganesha yang sebelumnya menjadi lahan parkir. Saat ini sudah terlihat proses pengerjaan proyek dengan nilai Rp 1,3 miliar itu.

Sebelumnya pemkot mengumpulkan para PKL di Jalan Sudiro dengan memberi nama Pasar Laron. Pemkot juga menertibkan PKL liar.

Tetapi itu hanya berlangsung beberapa bulan saja. Sebab para PKL masih membandel dan kembali berjualan di tepian Alun-Alun.

Food Court itu dibangun dengan konsep terbuka seperti hanggar. Strukturnya  menggunakan kerangka baja. Luas bangunan yang dikerjakan panjangnya 20 meter dengan lebar 15 meter.

Proses pengerjaan sudah berjalan sejak pertengahan Mei 2017. Ditargetkan selesai pada September 2017 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu N Widhyanto, menjelaskan bangunan itu dibuat dua lantai. Satu lantai digunakan untuk tempat parkiran, satu lantai lainnya tempat untuk berjualan PKL.

"Pembangunan pasar penampung PKL atau food court itu sebagai salah satu cara menata PKL di area Alun-Alun Kota Batu. Supaya PKL lebih rapi dan tertata, supaya enak dilihat," kata Widhyanto, kepada BatuTIMES.

Sementara itu, hingga saat ini PKL di area Alun-Alun Kota Batu tercatat sebanyak 258 PKL. Mereka masuk dalam enam paguyuban. Yakni  PKL Sudiro, PKL Kartini Atas, PKL Kartini Bawah, PKL Gajah Mada Beringin, PKL Gajah Mada Timur Masjid dan PKL Plaza Batu.

Nantinya luasan stand untuk masing-masing PKl di food court luar dan lebarnya 2 x 2 meter.

"Rencananya untuk satu PKL luasan stan di food court 2 x 2 meter," ungkap Alfian Hafny, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->