KPU Batu Mudahkan Pemilih Disabilitas

Komisioner KPU Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Erfanudin saat ditemui di KPU Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Komisioner KPU Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Erfanudin saat ditemui di KPU Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Komisi Pemilihan Umum Kota Batu memberikan perhatian khusus kepada para disabilitas di Kota Batu untuk pelaksanaan coblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, pada Juni mendatang.

KPU Kota Batu mengimbau agar seluruh TPS yang berumlah 411 TPS itu memudahkan semua pemilih. Khususnya bag mereka pemilih disabilitas. Saat ini tercatat ada 244 disabilitas, baik itu tuna daksa, netra, rungu, hingga grahita.

“Kami meminta kepada para petugas TPS nanti memikirkan kepada mereka pemilih disabilitas, jangan sampai menyusahkan mereka. Ya bagaimana TPS nanti friendly,” kata Komisioner KPU Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Erfanudin saat ditemui di KPU Kota Batu.

Ia menjelaskan TPS yang friendly ini tidak ada tangga. Lalu meja untuk memilih tidak terlalu tinggi. “Intinya saat ada penyandang disabilitas tidak menyulitkan. Dan menyesuaikan saja, dan tidak terlalu yang berlebihan," imbuhnya Selasa (24/4/2018).

Hal tersebut harus dilakukan sebab disabilitas ini tidak didampingi oleh petugas. Oleh karena itu semudah mungkin TPS tidak menyulitkan setiap pemilih. 

Ia menambahkan jika KPU Kota Batu rencananya akan menyediakan TPS Mobile. TPS Mobile ini untuk melayani warga yang sakit di rumah sakit. Hingga warga yang sakit tidak dapat keluar dari rumah.

“Untuk TPS mobile ini masih kita rencanakan. Kita upaya untuk mereka yang sakit tidak dapat keluar rumah atau di rumah sakit,” ungkapnya.

Sementara itu, di Kota Batu totalnya ada 411 TPS di Batu saat Pilgub 2018 nanti. Antara lain, Kecamatan Batu 190 TPS, Kecamatan Bumiaji 124 TPS, dan Kecamatan Junrejo 97 TPS.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Zaldi Deo
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->